,

Pengurusan Paten di Indonesia Masih Minim

TEROPONGACEH – Tingkat kesadaran masyarakat, akademisi, lembaga riset dan perguruan tinggi untuk mengurus sertifikat paten di Indonesia masin sangat rendah. Setiap tahun hanya ada sekitar 150 sertifikat paten yang dikeluarkan. Jauh dibandingkan dengan Amerika Serikat yang mengeluarkan 187 ribu paten per tahun.

Hal tersebut diungkapkan anggota Pansus Paten DPR RI, H Firmandez di sela-sela keberangkatan Pansus ke Amerika Serikat. Menurut politisi asal Aceh ini, sedikitnya paten di Indonesia dikarenakan proses pengeluaran yang lama dan berbelit-belit, serta sedikitnya tenaga verifikator. Akibatnya, akademisi, perguruan tinggi memiliki minat yang rendah untuk melakukan sertifikasi paten.

“Amerika adalah negara dengan jumlah pengeluaran paten tertinggi di dunia, mereka telah mengeluarkan paten sampai tahun 2015 sebanyak 8,5 juta. dalam tahun 2015 saja ada 187 ribu paten yang mereka keluarkan. Jelas ini menunjukkan bahwa paten menjadi indikator kemajuan suatu bangsa,” ungkap Firmandez.

Firmandez menambahkan, Kunker Pansus Paten ke Amerika Serikat bertujuan untuk mempelajari dan mendapat masukan guna pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang paten. “Paten merupakan salah satu sarana menjaga harkat dan martabat bangsa,” tegasnya.

Politisi Golkar ini melanjutkan, selama ini ada kekayaan Indonesia yang dipatenkan oleh pihak luar. Ia mencontohkan seperti pematenan atas kata-kata Kopi Gayo oleh perusahaan Belanda dengan Gayo Mountain Coffe dan Perusahaan di Afrika Selatan dengan Paten Kopi Gayo.

“Masyarakat Indonesia dan Aceh harus berjuang beberapa tahun untuk bisa mengambil hak paten tersebut kembali ke Aceh. Tetapi yang menjadi catatan saya yang harus diperjuangkan sesuai tugas saya sebagai anggota DPR-RI dari Aceh adalah bagaimana agar identitas kepemilikan bangsa kita tidak diambil oleh bangsa lain,” ujar Firmandez.

Salama Kunker ke Amerika Pansus Paten berkunjung ke kantor paten dan merek dagang Amerika Serikat, United States Patent and Trademark Office (USPTO) untuk mendapat masukan bagaimana proses pengeluaran sertifikat paten yang cepat dan murah. [LH]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *