,

Pengrajin Tenun Songket Aceh Dilatih Selama 22 Hari

BANDA ACEH – Dekranasda Kota Banda Aceh melatih 10 pengrajin tenun songket Aceh. Pelatihan yang akan berlansung selama 22 hari itu digelar di Aula Serba Guna Gampong Lamgugop, Syiah Kuala.

Ketua Dekranasda Banda Aceh Hj Nurmiaty AR menjelaskan pelatihan kerajinan tradisional tersebut sebagai salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya serta memperkuat ekonomi masyarakat.

“Kami sangat mengharapkan agar para peserta yang telah terpilih ini dapat mengikuti pelatihan dengan tekun dan serius, serta nantinya dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam menunjang usaha ke depan,” katanya pada acara pembukaan, Senin 2 April 2018 di Lamgugob.

Nurmiaty berharap adanya dukungan penuh dari Pemko Banda Aceh agar pembinaan kerajinan songket yang digagas pihaknya ini dapat terus berkesinambungan. “Salah satu harapan dan juga menjadi target kami yakni menjadikan Lamgugop sebagai sentra produksi songket di Banda Aceh,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SEAk MM mengapresiasi pelatihan tenun Songket yang digelar oleh Dekranasda bekerjasama dengan Disnaker Banda Aceh ini. “Dengan adanya pelatihan seperti ini tentu akan membuka lebih banyak kesempatan kerja bagi masyarakat,” katanya.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *