,

Pengamanan Rutan Diperketat Jelang Hari Raya

IDI – Menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H pengamanan Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Aceh diperketat. Para sipir dan petugas Lapas diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Wilayah Aceh, Gunarso, saat melakukan kunjungan kerja Rutan Cabang Idi, Aceh Timur, Minggu, 19 Juni 2016.

“Saya menghimbau kepada semua Kepala Rutan dan Lapas untuk terus waspada dalam suasana menjelang lebaran seperti ini, karena biasanya pada suasana seperti ini akan meningkat emosi para tahanan dan napi untuk mengingat bisa berkumpul dengan keluarga dan anak-anak mereka, mereka bisa saja mencoba kabur “katanya mengingatkan.

Selain itu, saat disinggung tentang Rutan Cabang Idi yang saat ini mulai over kapasitas, ia mengaku akan mengusulkan untuk peningkatan status dari Rutan menjadi Lapas.

“Hasil kunjungan saya ke sejumlah daerah hampir semuanya melebihi kapasitas. Insya Allah Kemenkum HAM RI nanti akan berusaha untuk meningkatkan ke arah yang lebih baik, dalam tahun ini di Bener Meriah yang akan segera terealisasi,” ungkap Gunarso.[IS]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *