,

Pengacara Belum Tahu Pokok Perkara Kasus PDAM Tirta Naga

TAPAKTUAN – Kuasa hukum mantan Direktur PDAM Tirta Naga, Muhammad Nasir SH mengaku belum mengetahui detil pokok perkara yang melibatkan kliennya JZ yang ditahan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapaktuan Rabu sore, 16 November 2016.

Muhammad Nasir mengaku penunjukan dirinya sebagai kuasa hukum JZ juga mendadak, sehingga tidak bisa mendampingi saat JZ diperiksa di Kejari. “Datanya belum saya peroleh. Saya akan menjumpai langsung klien saya di Rutan kelas IIB Tapaktuan untuk mendapatkan bahan yang lengkap,” kata M Nasir SH di Tapaktuan, Kamis 17 November 2016.
 
M Nasir akan mengajukan penangguhan penahanan terhadap JZ yang ditahan Kejari Aceh Selatan, Rabu 16 November 2016 sekitar pukul 17.00 WIB. Menurutnya, penangguhan penahanan dengan jaminan pihak keluarga kliennya tersebut dilakukan dengan pertimbangan agar tidak mengganggu pekerjaan yang bersangkutan.
 
“Kami menghargai proses penegakan hukum yang sedang berjalan dan kami akan menjalani proses hukum tersebut sampai ke pengadilan. Namun dengan berbagai pertimbangan, kami berencana akan mengajukan penangguhan penahanan,” kata M Nasir.
 
Penahanan JZ diduga terkait dugaan korupsi penggunaan dana hibah dari Australia tahun 2014 lalu sebesar Rp 3 miliar lebih. Anggaran tersebut khusus diperuntukkan untuk pekerjaan proyek pemasangan fasilitas sambungan air minum secara gratis terhadap 1.100 lebih Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
 
Proyek pemasangan fasilitas air minum secara gratis kepada ribuan masyarakat tersebut tersebar mulai Kecamatan Tapaktuan, Bakongan, Kota Bahagia, Kluet Utara, Samadua dan Kecamatan Labuhanhaji Barat. Proyek itu sepenuhnya bersumber dari dana hibah Negara donor Australia yang direalisasikan secara bertahap sejak tahun 2013.
    
Mekanisme bantuan dana hibah dari Negeri Kanggguru itu, dengan sistem penalangan dana awal (sharing) dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk pemasangan jaringan yang direncanakan dalam beberapa tahap. Begitu tahap awal selesai, donatur langsung menyalurkan dana bantuannya.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *