,

Penerima PKH di Aceh Diarahkan untuk Bisa Mandiri

BANDA ACEH – Sebanyak 305.000 keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Aceh diharapkan sebagiannya bisa mandiri dalam beberapa tahun ke depan, agar target graduasi PKH mandiri bisa tercapai.

Harapan itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, Senin, 3 Desember 2018. Menurut anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, selama tahun 2018 saja Pemerintah melalui Bantuan Sosial (Bansos) Kementerian Sosia telah menyalurkan Rp 1,4 triliun dana PKH ke Aceh.

“Kita berharap dana yang dikucurkan sebanyak itu benar-benar membawa perubahan dalam masyarakat penerima PKH, minimal dalam beberapa tahun ke depan mereka bisa mandiri sehingga target gradusi PKH di Aceh bisa tercapai. Artinya nanti warga yang sudah mandiri tidak lagi menjadi peserta PKH. Kita sangat mendukung graduasi PKH di Aceh ini untuk mengentaskan kemiskinan,” harap H Firmandez.

Namun kata H Firmandez, untuk mencapai tujuan pengentasan kemiskinan di Aceh tersebut, para pendamping program PKH diminta untuk lebih aktif dalam memberikan pendampingan dan bimbingan bagi keluarga penerima manfaat PKH secara efektif dan komprehensif.

“Secara nasional pemerintah menargetkan 800 ribu penerima PKH bisa digraduasi. Kita menginginkan di Aceh juga banyak penerima PKH yang bisa mandiri. Tapi untuk itu, pendampingannya harus lebih efektif dan efesien, ini tugasnya para pendamping PKH di lapangan, mereka ujung tombaknya,” pungkas H Firmandez.[**]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *