,

Penduduk Miskin di Aceh Tinggal 17 Persen

BANDA ACEH – Alokasi dana otonomi khusus (Otsus) oleh pemerintah pusat ke Aceh telah berimbas pada menurunnya jumlah penduduk miskin di Aceh. Pertumbuhan ekonomi Aceh juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah menjelaskan, Aceh mengalami kemajuan yang cukup baik berkat adanya dana otsus. “Ini terbukti sejak dana otsus diberikan. Pada tahun 2008 pertumbuhan ekonomi Aceh hanya 1,88 persen, pada tahun 2015 lalu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Aceh sudah berkisar 4,34 persen,” jelasnya.

Hal itu disampaikan Gubernur saat memberikan sambutan pada pertemuan dengan tim DPR RI selaku pemantau UUPA dan otonomi khusus Aceh, Rabu, 17 Februari 2016 di aula serba guna Setdaprov Aceh.

Gubernur melanjutkan, dengan adanya dana Otsus, jumlah penduduk miskin di Aceh semakin berkurang. Presentase penduduk miskin pada tahun 2008, tahun pertama dana otsus diberika mencapai 23,5 persen. Angka tersebut berhasil ditekan menjadi 17,11 persen pada tahun 2015.

Gubernur berharap pemerintah terus memberikan perhatian yang khusus kepada Aceh, karena Aceh sudah lama terpuruk akibat konflik. “Kami juga meminta dukungan dari DPR RI agar perhatian terhadap Aceh terus ditingkatkan. Kami terus menempuh berbagai langkah agar pembangunan Aceh dapat menjadi semakin naik,” pungkas Gubernur. [HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *