Penari Saman Gayo Lues Akan Tampil di Markas PBB

0
145

BLANGKEJEREN – Para penari saman Gayo Lues diundang untuk tampil di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York, Amerika Serikat pada 29 Mei hingga 1 Juni 2019. Penampilan tari saman Gayo Lues di Amerika Serikat (USA) itu merupakan dalam rangka perayaan ke-70 tahun hubungan Diplomasi Indonesia dengan USA.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, Selasa malam, 14 Mei 2019 kepada wartawan mengatakan, jumlah penari Saman asal Gayo Lues yang diundang ke Amerika Serikat hanya 9 orang ditambah satu orang pendamping.

“Biasanya penari saman asal Gayo Lues yang diundang ke luar derah ataupun luar negeri berjumlah paling banyak 15 penari ditambah pendamping, dan paling sedikit 13 penari saman ditambah pendamping, tapi sekarang yang diundang hanya 9 orang, dan itupun harus kita penuhi,” katanya.

Menurut jadwal kata Syafrudin, Rabu pagi, 15 Mei 2019, ia akan berangkat menuju Medan dan langsung ke Jakarta untuk mengurus visa seluruh peserta penari, dan tanggal 19 Mei 2019 nanti akan kembali ke Gayo Lues. Selanjutnya tanggal 25 atau 26 Mei 2019, semua peserta akan berangkat ke Jakarta dan tanggal 27 Mei akan terbang dari Jakarta menuju Amerika.

“Dari jadwal yang kita terima, penampilan akan berlangsung di Markas PBB New York tanggal 29 Mei sampai tanggal 1 Juni, kemudian tanggal 2 Juni 2019, seluruh penari akan kembali ke Indonesia lagi,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Gayo Lues, penari Saman yang akan berangkat ke Amerika Serikat adalah Syafruddin, Abubakar, Harun, Ismail, Safaruddin, Tahir, Robianto, Alimuddin, dan Armada, sedangkan satu orang pendamping yang ikut mengurusi penari Saman adalah Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Syafrudin.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here