,

Penambang Minyak Tradisional Kembali Unjuk Rasa

IDI- Seribuan masyarakat Kecamatan Ranto Peureulak dan sekitaranya, yang mengaku sebagai pelaku tambang minyak tradisional di daerah itu, Senin, 7 Mei 2018 sekira pukul 10.00 WIB kembali mengelar aksi damai di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur.

Mereka menuntut Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk dapat memberi solusi terhadap kelanjutan penambangan minyak secara tradisional di sejumlah desa dalam kecamatan tersebut.

Massa membentangkan spanduk dan menggunakan pengeras suara, mereka berorasi di depan kantor DPRK menuntut tiga poin utama kepada Pemerintah Aceh Timur, tentang penambangan minyak tradisional yang selama ini menjadi mata pencarian mereka di Kecamatan Ranto Peureulak.

Setelah beberapa saat mereka melakukan orasi, Ketua DPRK Aceh Timur Marzuki Ajad, didampingi wakil ketua Samsul Akbar, Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, dan perwakilan Kodim 0104 Aceh Timur, meminta perwakilan dari para demontran untuk menyampaikan aspirasi mereka di ruang sidang DPRK setempat, lebih kurang sepuluh orang perwakilan bernegosiasi dengan Forkompimda Aceh Timur.

Terlihat Bupati Aceh Timur, H. Hasballah, H.M. Thaib, beserta Sekda Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat juga hadir bertemu langsung dengan perwakilan demontran di ruang sidang DPRK setempat.

Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro kepada perwakilan pendemo mengatakan, pihaknya meminta para pendemo untuk bersabar menunggu regulasi tetang permasalahan ini. “Kami telah menampung semua apirasi masyarakat, namun kami juga harus berkkordinasi dengan pimpinan kami, dan terkait dengan tersangka pengangkut minyak yang ditangkap di Polres Langsa, kita juga akan melakukan koordinasi. Jadi harapan kita kepada masyarakat untuk bersabar,” jelasnya.

Setelah mendapat jawaban dari Bupati dan Kapolres Aceh Timur, kemudian para demontran bubar dan kembali tempat mereka masing-masing. Para pendemo dalam orasi terakhirnya , mereka mengatakan jika dalam pekan ini tidak ada jawaban pasti dari Pemerintah Aceh Timur, masyarakat akan berunjuk rasa ke tingkat Provinsi Aceh di Banda Aceh dalam waktu dekat ini.[II]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *