,

Pemkab Gayo Lues Setujui Pemanfaatan Geothermal Putri Betung

BLANGKEJEREN – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gayo Lues menyatakan komit dan mendukung pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) di kawasan Kecamatan Putri Betung untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Gayo Lues, Ridwan yang didampinggi tokoh masyarakat setempat, Muslim Sangut, Senin, 27 Maret 2017. Bahkan katanya, seluruh kepala desa di negeri seribu bukit tersebut sudah menandatangani surat persetujuan.

“Memang kawah bumi itu berada di lokasi hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), namun undang-undang membolehkan pemanfaatan hasil alamnya, itupun ada ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan, tidak boleh sembarangan,” ungkap Ridwan.

Sementara itu Muslim Sangut menegaskan, pembangunan PLTPB Putri Betung harus jadi, tidak boleh dihalangi. Ia menegaskan, masyarakat siap beraksi bila ada pihak-pihak yang mencoba menggagalkannya.

“Siapapun orang yang berusaha menghalang-halangi akan berhadapan dengan masyarakat, jika ada yang mengatakan akan merusak hutan, kami yakin perusahaan akan menjaganya dengan ketentuan yang ada,” tegasnya.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *