Pemkab Gayo Lues Karantina 1.000 Hafiz

0
232

BLANGKEJEREN – Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues melakukan karantina kepada 1000 santriwan dan santriwati dari seluruh Pondok Psantren, karantina itu bertujuan untuk mewujudkan vis Gayo Lues negeri 1000 hafiz.

Kepala Dinas Syariat Islam Gayo Lues, Husin, Selasa, 3 September 2019 mengatakan, karantina 1000 hafiz di Kabupaten Gayo Lues didanai oleh anggaran dana otonomi khusus Aceh (Doka) yang diprogramkan tahun 2018 lalu.

“Yang mendaftar lebih dari 1.000 santriwan dan santriwati, namun sebagian kita jadikan cadangan karena kuotanya hanya 1000 santri, apa bila ada yang tidak sanggup nantinya akan kita gantikan dengan cadangan ini,” katanya.

Dari semua santri yang mengikuti karantina hafiz, rata-rata sudah menghafal mulai dari satu juz hingga 12 juz Alquran.

“Setelah selesai di karantina nantinya, kami berharap agar program menjadikan 1000 hafiz bisa terwujud, sehingga Gayo Lues yang Islami, mandiri dan sejahtra bisa tercapai sesuai dengan harapan masyarakat Gayo Lues,” harapnya.

Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani saat membuka karantina 1000 hafiz mengatakan, karantina 1000 hafiz merupakan langkah cepat untuk menciptakan 1000 hafiz di Kabupaten Gayo Lues, dan dengan tercapainya program itu, seluruh masjid yang ada di Negeri Seribu Bukit itu akan di isi oleh santri yang hafiz untuk menyiarkan agama Islam.

“Ketika 1000 hafiz sudah terwujud di Gayo Lues, kami yakin seluruh masjid akan mengumandangkan ayat-ayat suci Alqur’an, dan kita tahu betapa pentingnya mendidik anak kita membaca dan menghapal Alqur’an supaya tidak terjangkit dengan budaya luar,” katanya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here