,

Pemkab Gayo Lues Hapus Subsidi Tiket Pesawat

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues menghapus subsidi tiket pesawat yang sempat diberikan pada 2015 lalu. Sebelumnya subsidi diberikan untuk titek pesawat penerbangan Blangkejeren – Banda Aceh dan Blangkejeren – Medan.

Kepala Dinas Perhubungan Gayo Lues, Ibrahim Saleh mengatakan, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2016 segala bentuk subsidi sudah tidak ada lagi bagi biaya pembelian tiket pesawat, dan kini penjualan tiket juga sudah dikontrakan Susi Air ke pihak ke Tiga.

“Saat ini ongkos pesawat dari Blangkejeren ke Banda Aceh di bawah Rp 400 ribu, begitu juga dengan Blangkejeren-Medan, ongkosnya hanya selisih Rp 2.000 dari ongkos ke Banda Aceh,” jelasnya.

Sejak ditariknya subsidi tiket pesawat di Gayo Lues, Ibrahim Saleh mengaku penumpang yang mengunakan jasa pesawat jadi menurun. “Penumpang turun drastis. Padahal dalam satu minggu ada lima kali jadwal penerbangan dari Gayo Lues menuju Banda Aceh dan Medan,” lanjutnya.

Imbas penghapusan subsidi tiket di daerah dataran tinggi tersebut, tiket jadi mahal. Budi, warga Blangkejeren, Kamis, 10 Maret 2016 mengatakan, kebanyakan masyarakat Gayo Lues tidak bisa menggunakan transportasi udara akibat harga tiket pesawat yang mahal.

“Selaku masayarakat Gayo Lues, saya berharap agar pemerintah daerah kembali memberikan subsidi bagi orang Gayo yang menaiki pesawat ke luar daerah, seperti setegah dibayar Pemda dan setegahnya dibayar masyarakat,” pintanya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *