,

Pemkab Gayo Lues Bangun 223 Rumah Kaum Dhuafa

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues akan membangun 223 rumah dhuafa dalam tahun 2017. Rumah tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang miskin tak punya rumah dan masyarakat yang punya rumah tapi sudah tak layak huni.

Hal itu disampaikan Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasim, Kamis, 9 Februari 2017 di Kecamata Kute Panyang. “Tahun ini ada 223 rumah bantuan yang kita programkan, namun dalam hal ini, Pemda hanya memberikan bantuan rumah saja, sedangkan tanahnya disediakan oleh penerima bantuan rumah itu sendiri,” jelasnya.

Ibnu Hasyim juga meminta kepada Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat Gayo Lues agar melakukan pendataan kesetiap desa, jika memang orang yang butuh rumah tetapi tidak memiliki tanah, maka sesegara mungkin dicarikan solusinya supaya kaum dhuafa tersebut bisa mendapatkan bantuan rumah.

“Semenjak saya menjabat Bupati 10 tahun yang lalu, setiap tahun selalu kami programkan untuk melakukan pembangunan rumah kaum dhuafa, itupu bukan kami yang menentukan penerimanya, melainkan berdasarkan usulan masing-masing kepala desa,” ujarnya.

Sumber anggaran pembangunan desa itu sendiri kata Ibnu Hasim berasal dari dana APBN, APBA dan APBK, dan jumlah yang paling banyak dibangun berlokasi di desa Atu Bale mengigat ada sejumlah tanah yang dihibahkan warga, sehingga kaum dhuafa yang tidak memiliki pertapakan untuk pembangunan rumah dibangun di kebun di Atu Bale. [Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *