,

Pemkab Aceh Selatan Salurkan Bantuan Rp220 Juta untuk Korban Gempa

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menyerahkan bantuan uang tunai Rp220 juta untuk korban gempa bumi di Pidie Jaya dan Bireuen. Selain uang tunai juga diserahkan beras 5 ton dan berbagai jenis sembako.
 
Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra didampingi Sekda H Nasjuddin, Kepala BPBK Erwiandi dan Kadis Sosial Basarudin Sam yang diterima Sekda Pidie Jaya, Ir Iskandar di Posko Utama korban gempa di Meuredu, Pidie Jaya.
 
Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa, 13 Desember 2016 mengungkapkan bantuan uang tunai bersumber dari APBK tahun 2016 sebesar Rp100 juta dan sumbangan spontan dari pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp120 juta.

Selain uang tunai, Pemkab Aceh Selatan juga menyalurkan bantuan masa panik berupa, beras 5 ton, mie instan 25 kadus, sarden 600 kaleng, matras 90 lembar, selimut 120 lembar, kain sarung, minyak makan dan sejumlah paket bantuan lainnya sebanyak satu truk.
 
Menurutnya, bantuan terbesar disalurkan Pemkab Aceh Selatan khusus untuk warga korban gempa Pidie Jaya karena daerah tersebut merupakan wilayah terparah terkena dampak gempa bumi. Bantuan yang disalurkan untuk warga korban gempa bumi Pidie Jaya selain uang tunai sebesar Rp200 juta juga sejumlah paket sembako.
 
Sedangkan wilayah lainnya yang turut disalurkan bantuan adalah khusus untuk para santri di Pesantren Mudi Mesra, Samalanga, Kabupaten Bireuen, karena di lembaga pondok pesantren tersebut terdapat santri dan santriwati yang berasal dari Aceh Selatan berjumlah sebanyak 100 orang lebih. Untuk para santri dan santriwan di Pesantren tersebut, Pemkab Aceh Selatan menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp22 juta berikut juga sejumlah paket sembako. 
 
“Hal ini merupakan sebagai bentuk rasa keprihatinan dan rasa duka kita kepada warga korban gempa bumi di Pidie Jaya dan Bireuen. Semoga melalui bantuan yang telah kita salurkan tersebut dapat membantu dan meringankan beban yang sedang di alami oleh saudara-saudara kita di sana,” jelas Nasjudin.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *