,

Pemkab Aceh Selatan Alihkan Guru SMA ke SMK

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan akan menarik kelebihan guru di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk dijadikan guru produktif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kekurangan guru.

Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra di Tapaktuan, Kamis, 20 Oktober 2016 mengatakan, kebijakan itu merupakan salah satu solusi untuk mengatasi persoalan kekurangan guru produktif di sejumlah sekolah vokasi.

“Sebelum para guru tersebut ditugaskan di SMK, mereka terlebih dulu akan di didik secara khusus selama satu tahun di lembaga pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang berkompeten untuk meningkatkan kompetensi mereka sesuai standar guru yang dibutuhkan di lembaga pendidikan vokasi serta tidak menyalahi aturan sebagai seorang guru yang menerima tunjangan sertifikasi,” jelasnya.

Untuk mewujudkan rencana pengalihan guru SMA menjadi guru produktif SMK tersebut, Pemkab Aceh Selatan mulai mendata jumlah guru secara rinci termasuk kebutuhannya di lapangan sesuai bidang study atau mata pelajaran yang tersedia. Di Aceh Selatan, ada sebanyak 13 SMK yang mengalami kekurangan guru mata pelajaran atau bidang studi tertentu.

“Apabila guru produktif sudah maksimal di SMK, maka kreatifitas belajar mengajar lebih bermutu di setiap bidang dan jurusan. Harapan kita, lulusan sekolah kejuruan bisa menjadi tulang punggung dalam memacu pembangunan dan memajukan daerah,” harapnya. [Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *