Pemimpin Dunia Diajak Bersatu Hadapi Ancaman Global

0
55
Presiden Joko Widodo (kelima kiri) bersama kepala negara/pemerintahan negara-negara di ASEAN, Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (Kedua kanan), Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Kedua kiri), Ketua Pleno Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group Petteri Orpo (ketiga kiri) foto bersama sebelum rapat pleno Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group Tahun 2018 di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10). ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa/hp/2018.

NUSA DUA – Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde ┬ámenekankan pentingnya negara-negara bergerak bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah multilateral. Hal itu disampaikannya dalam sidang pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018, Jumat, 12 Oktober 2018 di Bali.

Sidang pleno atau Annual Meetings Plenary merupakan sidang terbesar dalam rangkaian Sidang Tahunan IMF-Bank Dunia. Lagarde menekankan konsep multilateralisme baru, yang terbagi menjadi dua dimensi. Pertama, dimensi moneter dan fiskal. Kedua, dimensi ketidaksetaraan (inequality), teknologi, dan kesinambungan (sustainability).

Menurutnya, permasalahan dunia yang semakin kompleks tersebut hanya dapat diselesaikan bersama-sama, melalui kerja sama antarnegara, mempertimbangkan efek yang mungkin dirasakan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Presiden World Bank, Jim Yong Kim, menambahkan bahwa terdapat dua masalah yang dihadapi seluruh negara, kaya maupun miskin. Kedua masalah tersebut adalah perubahan iklim dan human capital. Negara-negara harus bergerak bersama untuk memperbaiki kedua hal tersebut, untuk memastikan dunia yang baik bagi generasi mendatang. Gerakan tersebut harus dilakukan saat ini juga.
Selain pimpinan IMF, Bank Dunia, serta seluruh gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari 189 negara, sidang dihadiri pula peserta Pertemuan Tahunan dari berbagai penjuru dunia. Beberapa presiden dan perdana menteri di ASEAN turut hadir dalam pembukaan sidang pleno Pertemuan Tahunan 2018 di Bali kali ini.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here