,

Pemerintah Harus Meningkatkan Diplomasi Maritim

JAKARTA – Untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia, selain membangun infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM), pemerinta juga diminta untuk meningkatkan diplomasi.

Diplomasi di bidang maritim dinilai sangat penting untuk mewujudkan cita-cita pemerintah dalam membangun kembali ekonomi dan budaya maritim Indonesia. “Masa depan Indonesia sebagai negera kepulauan sangat ditentukan bagaimana kita mengelola sektor kelautan dan perikanan kita sekarang. Ini sektor yang sangat potensial,” jelas Wakil Sekjen DPP Golkar, H Firmandez, Kamis, 20 Oktober 2016.

Politisi asal Aceh ini melanjutkan, Indonesia merupakan negara besar yan terdiri dari lebih 17 ribu pulau yang sangat potensial untuk menjadi poros maritim dunia. “Tinggal sekarang bagaimana pemerintah mengelola sumber daya laut melalui pengembangan industri perikanan. Untuk industri maritim ini, pemerintah harus meningkatkan diplomasi dengan berbagai negara dan mitra yang telah sukses mengelola sektor kelautan,” lanjut H Firmandez.

Selain itu lanjut H Firmandez, untuk menjaga kedaulatan di kelautan, pemerintah juga harus mampu mencegah dan menghilangkan berbagai potensi sumber konflik di laut, baik soal pencurian ikan, sengketa wilayah, perompakan dan pencemaran laut, maupun pelanggaran kedaulatan.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *