,

Pemerintah Harus Manfaatkan IORBF

JAKARTA – Keberadaan Forum Bisnis Pesisir Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF) diyakini akan meningkatkan ekonomi kawasan pesisir. Forum ini juga diharapkan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi maritim negara-negara di kawasan Samudera Hindia.

Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP Golkar bidang Maritim, H Firmandez, Sabtu, 22 Oktober 2016 menyatakan, Indonesia sebagai salah satu negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) harus memanfaatkan forum kerjasama tersebut dengan baik.

Sebagaimana diketahui IORA beranggotakan negara-negara di kawasan Samudera Hindia seperti, Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Persatuan Emirat Arab, Singapura, Seychelles, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Komoro, dan Yaman.

“Apalagi sekarang Indonesia menjabat sebagai ketua, ini kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh pemerintah dan pengusaha untuk membangun berbagai kerjasama di bidang maritim,” ujar H Firmandez.

Politisi asal Aceh ini melanjutkan, dengan adanya forum tersebut akan meningkatkan interaksi dan kerjasama pengusaha negara-negara di kawasan Samudera Hindia. “Berbagai peluang kerjasama harus dijajaki, intinya dengan adanya forum ini kita berharap ekonomi masyarakat pesisir bisa tumbuh,” lanjut H Firmandez.

Selain itu lanjut H Firmandez, interaksi bisnis antara negara-negara di kawasan Samudera Hindia juga harus mampu dimanfaatkan oleh Pemerintah Indonesia untuk peningkatan perdagangan, investasi dan industri kemaritiman di dalam negeri.

“Apa lagi saya dengar akan dibentuk perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif negara lingkar Samudera Hindia. Ini sangat bagus, pemerintah harus memanfaatkannya. Ini sangat sejalan dengan program mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *