,

Pemerintah Harus Berpikir Jangka Panjang Soal Pemondokan Haji

TEROPONGACEH.COM | RIYADH – Pemerintah melalui Kementerian Agama diminta untuk mengalokasikan anggaran panjar sewa gedung untuk memaksimalkan pelayanan jamaah haji di Arab Saudi. Selama ini jamaah Indonesia terpencar di beberapa lokasi, tenda pemondokan yang digunakan juga ada yang kurang representatif alias di bawah standar.

Permintaan itu disampaikan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, H Firmandez, Jumat, 9 September 2016 usai meninjau lokasi pemondokan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi. H Firmandez yang juga anggota Komisi VIII DPR-RI melakukan kunjungan kerja pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi.

“Sayang disayangkan ada tenda untuk jamaah yang kurang layak. Pemerintah harus memikirkan sewa gedung dalam jangka panjang. Pemerintah harus mengusulkan anggaran itu untuk haji tahun depan, agar jamaah tidak terpencar dan bisa terkonsentrasi di satu wilayah,” harap H Firmandez.

Politisi Golkar asal Aceh ini mengingatkan, sewa gedung juga harus diupayakan lebih awal, karena dikhawatirkan kalau lambat bergerak maka akan disewa oleh negara lain. “Makanya saya katakan sewa gedung harus dalam jangka waktu lama, ikat kontrak setiap tahun haji, jangan hanya jangka pendek,” lanjut H Firmandez.

Bila pemerintah melalui panitia penyelenggaraan ibadah haji bisa melakukan hal itu, maka persoalan pemondokan bagi jamaah bisa diatasi. “Jadi, jangan setiap tahun haji penyelengaraan haji untuk jamaah Indonesia selalu berkutat pada masalah yang itu-itu saja,” harapnya.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *