,

Pemerintah Harus Beri Peluang kepada Pengusaha Muda

BANDA ACEH – Pemerintah diminta untuk memberi peluang kepada pengusaha muda dalam pembangunan. Semangat pengusaha muda harus dimanfaatkan, baik di daerah maupun secara nasional.

Permintaan itu disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Aceh, Furqan Firmandez pada pertemuan para ketua HIPMI se-Indonesia di Bali yang digelar pada 14 hingga 16 April 2016.

Pada acara yang dihadiri Ketua BPP HIPMI, Bahlil Lahadalia itu, Furqan menyampaikan bahwa selama ini HIPMI Aceh sulit berkembang kerena minimnya dukungan dari pemerintah daerah.

“Ini sangat disayangkan, seharusnya semangat pengusaha muda ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membangun daerah. Selama ini pemerintah hanya memperhatikan pengusaha senior saja yang sudah settle di bidang masing-masing. Jadi celah untuk pengusaha muda sangat kecil,” jelas Furqan.

Padahal, kata Furqan, di HIPMI terdapat pengusaha muda di berbagai bidang, mulai dari industri kreatif, restoran, perhotelan, perkebunan, agribisnis, hingga industri infrastruktur.

Di Aceh, lanjut Furqan, terdapat anggaran yang cukup besar dalam APBA, ditambah lagi dengan adanya dana otonomi khusus (Otsus). Dengan anggaran besar, pertumbuhan infrastruktur juga terus bekembang, begitu juga dengan sektor-sektor lainnya.

“Kita minta kepada Pemerintah Aceh agar dinas-dinas terkait melibatkan HIPMI dalam pembangunan daerah di berbagai sektor. Berikan peluang kepada pengusaha-pengusaha muda untuk tumbuh berkembang dan berkiprah dalam pembangunan,” harap Furqan.

Masih menurut Furqan, BUMN yang ada di Aceh juga harus disenergikan dengan pengusaha muda lokal, agar tidak menjadi penonton di daerah sendiri. Apalagi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sedang berjalan.

“Aceh sebagai pintu gerbang Indonesia tidak boleh lengah dengan hal ini. Industri-industri kecil harus didongkrak untuk tumbuh, sektor UKM juga harus disuport dengan serius. Dorong kami pengusaha muda yang mempunyai semangat besar untuk membangun daerah,” lanjut Furqan.

Furqan berharap agar HIPMI di Aceh bisa dilibatkan dan punya andil dalam pertumbuhan wirausaha dan ekonomi di masyarakat. “Untuk itu tentu butuh dukungan pemerintah daerah dan pihak perbankan juga,” pungkas Furqan. [HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *