,

Pemerintah Diminta Tambah Kuota Haji Aceh

TEROPONGACEH.COM | BANDA ACEH – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) diminta untuk segera menambah kuota haji untuk Provinsi Aceh. Pasalnya, jumlah calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu (waiting list) di Aceh sudah 79.665 orang.

Permintaan tersebut disampaikan anggota Komisi VIII DPR-RI, H Firmandez, saat melepaskan Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 8 embarkasi Aceh di Asrama Haji Banda Aceh, Kamis, 18 Agustus 2016.

“Jumlah calon jamaah yang sudah hampir 80 ribu orang itu, apabila dihitung masa tunggu dengan jumlah porsi haji seperti tahun ini, yakni 3.111 orang, maka masa tunggunya mencapai 25 tahun 6 bulan. Ironis memang, masyarakat harus menunggu setengah abad sejak mendaftar baru bisa naik haji,” ujar H Firmandez.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini menambahkan, di tengah tingginya animo masyarakat Aceh untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut, seharusnya pemerintah memberi kemudahan melalui kebijakan khusus.

H Firmandez menambahkan, kuota 3.111 orang untuk Aceh sebenarnya juga sudah tidak realistis lagi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Aceh yang sudah mencapai 5,2 juta jiwa. Dengan rasio jumlah penduduk sebesar itu, seharusnya kuota haji untuk Aceh sekitar 5.000 orang.

“Antara jumlah penduduk Aceh sekarang dengan jumlah kuota haji sudah tidak berimbang. Jadi saya di komisi VIII DPR-RI yang membidangi urusan agama dan sosial terus berupaya agar pemerintah merasionalisasi kuota haji untuk Aceh,” tegas H Firmandez.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *