,

Pemerintah Diminta Salurkan Bright Gas ke Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Aceh Selatan, Ridwansyah, mengatakan, salah satu solusi untuk mencegah terjadinya kelangkaan dan lonjakan harga gas elpiji subsidi kemasan tabung 3 kg di daerah itu adalah dengan cara segera disalurkan bright gas non subsidi kemasan tabung 5,5 kg.

“Dengan tersedianya bright gas yang cukup di pasaran, maka konsumen yang berasal dari golongan orang mampu atau menengah ke atas, memiliki pilihan yang lain sehingga tidak terpaku kepada dua pilihan saja yakni apakah membeli tabung 3 kg atau 12 kg ,” kata Ridwansyah, Selasa, 14 Juni 2016.

Menurutnya, jika dihadapkan dengan dua pilihan saja maka konsumen menengah ke atas lebih cenderung memilih gas elpiji kemasan 3 kg. Alasannya, di samping harganya murah karena ada subsidi, juga dalam penggunaannya dinilai lebih praktis dan lebih mudah.

“Keluhan utama dari para konsumen pemakai gas 12 kg selama ini adalah tabungnya tergolong berat saat diangkat, apalagi terhadap konsumen yang memiliki sebuah rumah berkonstruksi dua lantai bentuk rumah toko (Ruko). Ketika dihadapkan dengan persoalan seperti ini, maka konsumen menengah ke atas tersebut tidak mau ambil resiko sehingga untuk memudahkan mereka langsung membeli gas elpiji 3 kg,” ungkap Ridwansyah.

Karena itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait segera melakukan langkah pemasaran secara lebih luas tabung bright gas kemasan 5,5 Kg ke daerah-daerah seluruh Indonesia.

Sebab, berdasarkan pantauan dan amatan pihaknya selama ini, tabung gas non subsidi produksi PT Pertamina (Persero) tersebut proses pemasarannya dinilai sangat terbatas yakni hanya sebatas di wilayah – wilayah kota besar saja, sedangkan ke Provinsi Aceh khususnya Kabupaten Aceh Selatan sejak produk tersebut diluncurkan sampai sekarang ini belum ada pasokan sama sekali.

“Intinya bahwa, Pemerintah harus segera memikirkan solusi alternatif yang lebih banyak sehingga konsumen gas yang berasal dari berbagai golongan di Aceh Selatan memiliki banyak pilihan untuk mencukupi kebutuhan gas sehari-hari,” pungkasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *