,

Pemerintah Diminta Perpanjang Masa Verifikasi Asuransi Nelayan

BANDA ACEH – Program pemerintah mengasuransikan 1 juta nelayan hingga kini belum mencapai target. Sampai November 2016 baru sekitar 600 ribu nelayan yang mendapatkan kartu asuransi. Lambannya verifikasi di lapangan menjadi salah satu kendala. Untuk itu pemerintah diminta memperpanjang masa verifikasi agar semua nelayan kecil tercover.

Permintaan itu disampaikan Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim, H Firmandez, Kamis, 3 November 2016 menanggapi masih belum tercovernya sejumlah nelayan di Aceh dalam program asuransi nelayan. Sementara batas waktu verifikasi hanya sampai 15 November 2016.

“Asuransi nelayan ini sudah lazim dilakukan, perlu ada keterlibatan pemerintah soal subsidi asuransi nelayan. Harus ada kelonggaran waktu verifikasi, kalau perlu ditambah,” ujar Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tersebut.

H Firmandez melanjutkan, pekerjaan nelayanan merupakan kerja yang beresiko tinggi, karena itu sangat penting untuk diasuransikan. Pemerintah harus berpihak kepada nelayan kecil dalam bentuk subsidi asuransi.

“Pemerintah kan hanya menanggung asuransi untuk nelayan yang bekerja di kapal sampai 10 gross ton (GT). Sementara di masyarakat kita banyak nelayan yang bekerja di kapal di atas itu. Jadi secara otomatis berrati mereka tidak bisa masuk dalam program ini. Nah, tugas pengusaha atau pemilik kapal di atas 10 GT untuk menasuransikannya. Pengusaha juga harus ambil peran,” tegas H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, asuransi nelayan sangat penting untuk menanggulangi resiko sosial dan ekonomi yang dihadapi nelayan. Pemerintah telah menjamin hal itu melalui Undang-undang Nomor 7 tahun 2016 tentang. Undang-undang ini kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/Permen-KP/2016.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *