,

Pemerintah Aceh Luncurkan Pustaka Digital

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan Aceh meluncurkan pustaka digital atau lebih dikenal i-pustaka. Launching i-Pustaka dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Kunjungan perpustakaan tahun 2018 yang berlangsung di AAC Dayan Dawood Unsyiah, Senin malam, 3 Desember 2018.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyebutkan kehadiran i-pustaka adalah respon terhadap budaya masyarakat yang mulai bergeser dari membaca kertas (hard copy) ke arah digital (soft copy).

“Dengan kehadiran i-pustaka ini, generasi muda millenial yang gaya hidupnya banyak dipengaruhi teknologi informasi, diharapkan bisa memanfaatkan i-Pustaka yang ada di daerah kita,” kata Nova usai peresmian i-pustaka.

Nova mengatakan, dengan adanya i-pustaka, akan mewujudkan masyarakat Aceh yang carong dan meuadab yang merupakan cita-cita kita bersama, karena hanya dengan masyarakat yang cerdas dan beradab, maka pembangunan akan dapat dijalankan dengan baik. Untuk mendapatkan masyarakat yang cerdas dan beradab itulah, dibutuhkan sistem pendidikan yang baik yang dikembangkan secara sempurna dan paripurna serta berkelanjutan.

“Pendidikan yang baik itu mutlak harus disertai bahan bacaan dan sistem dokumentasi yang baik. Dengan membaca, maka ilmu pengetahuan akan bertambah, kecerdasan lebih meningkat dan sikap kita akan lebih kritis. Sebagaimaa kata pepatah, buku adalah jendela dunia,” kata Nova.

Kehadiran perpustakaan yang ada di lingkungan kampus, di lembaga pemerintah, dan di gampong-gampong, kata Nova, adalah salah satu dukungan untuk mendorong masyarakat rajin membaca. Bukan sebatas untuk kegiatan edukatif pustaka diharapkan menjadi sarana rekreatif, yaitu sebagai sarana hiburan untuk mengisi waktu luang. Untuk itu, Nova menghimbau masyarakat Aceh agar lebih sering berkunjung ke perpustakaan sekaligus meningkatkan daya tarik membaca.

Usai peluncuran i-pustaka, para pengunjung tentunya akan lebih mudah mendapatkan buku yang dicari, karena sudah banyak buku yang disajikan dalam format digital. Buku-buku itu nantinya juga dapat diakses melalui jaringan internet.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *