,

Pemerintah Aceh Lamban Tangani Jalan Longsor

BLANGKEJEREN – Pemerintah Aceh dinilai laman dalam menangani tanah longsor di beberapa titik ruas jalan lintasan Gayo Lues – Aceh Barat Daya. Sudah seminggu longsoran terjadi belum dibersihkan. Imbasnya masyarakat di dua desa terisolir dan terancam kelaparan.

Hal itu disampaikan Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasyim, Selasa, 10 Januari 2017 di Blangkejeren. “Karena keterlambatan penanganan menyebabkan warga Tongra dan Melelang terkurung selama 6 hari. Saat ini belum ada satu alat berat pun yang membersihkan jalan di lokasi longsoran,” ungkapnya.

Ibnu Hasyim melanjutkan, jalan lintasan antar kabupaten tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Aceh. Namun jika tidak ada penanganan maka Pemerintah Kabupaten Gayo Lues terpaksa menanganinya.

“Jika Pemerintah Provinsi Aceh mengabaikan tugasnya melakukan perbaikan jalan longsor, dan kita ambil alih, maka anggaran daerah akan terkuras melakukan perbaikan jalan lintas Provinsi itu, kan tidak mungkin kita biarkan warga kita kelaparan di sana akibat jalan longsor,” lanjut Ibnu Hasyim.

Ibnu Hasyim berharap, agar cepatnya penanganan jalan longsor di lintasan tersebut, Pemerintah Aceh membangun UPTD di Gayo Lues, serta menempatkan alat berat di sana, sehingga mobilitas ke daerah bencana longsor jadi cepat.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *