,

Pemerintah Aceh Harus Gaet Pengusaha Nasional

TORONTO – Untuk membangun Aceh di berbagai sektor, Pemerintah Aceh harus menggaet pengusaha nasional. Tanpa kolaborasi dengan dunia usaha, pembangunan akan mandeg.

Penegasan itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, Senin, 20 November 2017 di sela-sela kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Toronto, Kanada.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, pada acara Aceh Investment Forum-Trade, Tourism dan Investment, yang digelar di Shangri-La Hotel Jakarta, Kamis, 16 November 2017 lalu, dirinya selaku Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh sudah mendorong wacana ke arah tersebut.

“Kita harus ajak pengusaha-pengusaha nasional seperti Pak James Riady yang hadir sebagai nara sumber pada acara itu, untuk berinvestasi di Aceh. Dengan jaringan usaha yang dimiliki Pak James Riady maka investasi di Aceh bisa meningkat,” jelas H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, James Riady yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Pendidikan dan Kesehatan itu punya ketertarikan dengan Aceh, tinggal sekarang bagaimana Pemerintah Aceh mendekatinya.

“Pak James bilang Aceh sebagai daerah yang unik dan spesial. Bisa menjadi tempat transit pesawat-pesawat pribadi yang menuju ke Timur Tengah. Beliau juga tertarik dengan potensi wisata yang ada di Aceh. Kita harus buka kran yang selebar-lebarnya untuk pengusaha nasional berinvestasi di Aceh. Pemerintah Aceh harus mengundang semua pengusaha nasional berinvestasi di Aceh,” harap H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, dalam lima tahun terakhir investasi di Aceh baru sekitar Rp 21 Triliun. Itu pun investasi luar negeri yang didominasi oleh China dan Malaysia. Jumlah tersebut tentu akan meningkat, jika potensi yang ada di dalam negeri dimanfaatkan.

“Jadi sambil menggaet investor luar negeri, jangan tinggalkan potensi dari dalam negeri yakni para pengusaha nasional. Kita gaet mereka untuk berinvestasi di Aceh,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *