,

Pemerintah Aceh Diminta Tangani Abrasi Pantai Seunudon

LHOKSEUKON – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez meminta Pemerintah Aceh untuk melakukan penanganan abrasi pantai Gampong Lhok Puuk, Kecamatan Seunudon, Kabupetan Aceh Utara.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini mengungkapkan, berdasarkan laporan tokoh masyarakat Seunudon kepadanya, abrasi itu sudah berlangsung sejak 2 tahun terakhir, akibatnya sekitar 50 meter bibir pantai telah tergerus menjadi lautan.

“Ini harus segera ditangani, Pemerintah Aceh bisa menggunakan dana otsus untuk program pencegahan abrasi di sana. Sayang kita lihat kalau pasang purnama air laur naik ke pemukiman penduduk,” jelas H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, Pemerintah Aceh juga harus menyelesaikan pembangunan tanggul pemecah ombak (break water) yang belum tuntas dikerjakan di lokasi tersebut, agar tidak menyebabkan muara sungai (kuala) dangkal.
Jika tidak segera ditangani, H Firmandez khawatir abrasi akan mengancam badan jalan dan tambak warga. “Kata warga, antara abrasi dengan badan jalan di lokasi tambatan boat nelayan hanya tersisa sekitar 10 meter lagi, jika ini dibiarkan maka jalan itu juga akan amblas ke laut. Makanya kita minta Pemerintah Aceh untuk segera menanggulanginya,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *