,

Pemerintah Aceh Belum Selesaikan 14 Qanun Amanah UUPA

BANDA ACEH – Usia Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) sudah sepuluh tahun, namun Pemerintah Aceh bersama DPRA hingga kini belum menyelesaikan 14 qanun yang diamanahkan UUPA.

Hal ini diakui sendiri oleh Gubernur dr H Zaini Abdullah dalam jawaban tertulis kepada tim pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh dari DPR RI pekan lalu. Jawaban tersebut diserahkan langsung Gubernur Zaini Abdullah kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Don sebagai Ketua Tim Pemantau DPR RI terhadap pelaksanaan undang-undang terkait otsus Aceh, Papua dan keistimewaan Yogjakarta, Rabu, 17 Februari 2016 di Aula Serba Guna Kantor Gubernur Aceh.

Gubernur menjelaskan, ada 59 judul rancangan qanun (Raqan) Aceh yang harus diselesaikan berdasarkan perintah langsung UUPA. Ke-59 Raqan Aceh tersebut sebelumnya sudah ditetapkan dalam daftar judul rancangan qanun legislasi Aceh (Prolega) masa keanggotaan DPRA tahun 2009-2014. Namun tak semua mampu diselesaikan, sehingga dimasukkan lagi dalam prolega 2014-2019, itu pun sisanya tak semua dimasukkan.

Menurut penjelasan tertulis tersebut, sebagain Raqan Aceh tidak dimasukkan dalam prolega 2014-2019 dengan alasan akan mubazir sebab nantinya akan tereduksi oleh perundang-undangan yang berlaku secara nasional. Dari 59 Raqan Aceh amanah UUPA itu, 45 diantaranya sudah mendapat persetujuah Gubernur dan DPRA untuk ditetapkan menjadi Qanun Aceh. Sisanya 14 qanun lagi hingga kini belum diselesaikan.

Qanun yang tidak dibahasa dengan alasan akan tereduksi oleh undang-undang yang berlaku secara nasional diantaranya adalah qanun tentang tanggung jawab Gubernur dalam penetapan kebijakan Pemerintah Aceh (amanah Pasal 39 UUPA), Qanun kewenangan gubernur dalam kedudukannya sebagai wakil pemerintah (amanah Pasal 43 UUPA) dan qanun kewajiban gubernur untuk memberikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Aceh (amanah Pasal 46 UUPA).[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *