,

Pemerintah Aceh Akan Bangun Kembali Masjid An Nur Lombok Utara

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh akan membantu membangun kembali Masjid An Nur di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Masjid tersebut rusak parah akibat gempa pada 5 Agustus 2018 lalu.

Rencana bantuan pembangunan kembali Masjid di Lombok Utara itu terungkap saat Tim Aceh Untuk Nusa Tenggara Barat (NTB) yang pimpin oleh Dr Safrizal bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek dan Kepala Dinas Sosial Aceh Al Hudri, Senin, 20 Agustus 2017 melaporkan hasil assement kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pendopo Wakil Gubernur Aceh.

Safrizal melaporkan, gempa NTB telah berdampak pada ratusan orang meninggal dunia dan kehancuran sekitar 80 persen pemukiman dan infrastruktur di Kabupaten Lombok Utara. Tidak hanya itu, gempa bumi tersebut juga mengakibatkan kerusakan di kabupaten lain di Pulau Lombok.

Berdasarkan hasil Assement Tim Aceh Untuk NTB, merekomendasikan pembangunan kembali Masjid An Nur yang berada di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Masjid tersebut termasuk Masjid yang mengalami kerusakan parah dan tepat berada dipinggir jalan besar di Kabupaten Lombok Utara.

Masjid An Nur tidak bisa dipergunakan kembali oleh Masyarakat setempat untuk beribadah sehingga dirobohkan menggunakan Alat Berat pada Hari Sabtu, (11/8) dan Tim Aceh Untuk NTB saat itu sedang berada di Lokasi Masjid tersebut.

Tim Aceh Untuk NTB mendapat informasi bahwa Masjid An Nur yang terletak di Desa Gondang tersebut, memiliki luas lahan 400 meter persegi dan luas bangunan 14 x 14 meter.

Setelah mendengar laporan dari Tim Aceh Untuk NTB dan mendengar saran dari
Kepala Pelaksana BPBA maupun Kepala Dinas Sosial Aceh, akhirnya Plt. Gubernur Aceh yang didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Aceh, Kamaruddin Andalah, memutuskan untuk membangun kembali Masjid An Nur menggunakan Donasi Kemanusiaan Gempa Lombok.

BPBA juga diminta untuk memperpanjang penggalangan Donasi Gempa Lombok sampai satu bulan ke depan supaya dana yang terkumpul baik dari Pemerintah Aceh maupun Masyarakat Aceh bisa tembus sampai Rp 1 miliar karena sampai Senin (20/8) Donasi Gempa Lombok yang dikoordinir oleh BPBA telah terkumpul dana sekitar Rp 825 juta.

Pada kesempatan tersebut juga Plt. Gubernur Aceh langsung menghubungi Ahli Bambu Lulusan S3 Jerman yang merupakan Dosen di Institut Teknologi Bandung untuk merancang Bangunan Masjid An Nur menggunakan material dari Bambu.

Pilihan material dari bahan Bambu menjadi alternatif yang akan ditawarkan ke Pemerintah Daerah dan Masyarakat di Lombok Utara mengingat sering terjadinya gempa bumi di Lombok sejak 29 Juli 2018 dan BMKG telah mendeteksi 344 kejadian gempa di Lombok sampai tanggal 9 Agustus 2018.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *