,

Pemerintah Aceh Akan Ajukan 3 Nama Calon Kepala BPMA ke Kementerian ESDM

BANDA ACEH – Untuk merampungkan struktur dan manajemen Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Pemerintah Aceh akan mengusulkan 3 nama calon Kepala BPMA ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal itu diungkapkan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, Minggu, 5 Agustus 2018. “Saya sudah tanyakan itu ke Pemerintah Aceh, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan dalam waktu dekat akan mengajukan tiga nama calon Kepala BPMA ke Kementerian ESDM,” ungkap H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, selama ini jabatan Kepala BPMA dipegang oleh Azhari Idris sebagai pelaksana tugas (Plt), setelah Kepala BPMA sebelumnya Marzuki Daham habis masa jabatan pada 27 Juli 2018 lalu. “Menteri ESDM Iqnasius Jonan telah menunjuk Azhari Idris tapi masih sebagai Plt,” jelas H Firmandez.

BPMA dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Migas di Aceh, yang merupakan PP turunan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA). H Firmandez berharap setelah tiga nama itu diajukan, Menteri ESDM bisa menetapkan satu Kepala BPMA defenitif, agar kewenangan Aceh dalam pengelolaan migas bisa berjalan normal.

Selain itu kata H Firmandez, BPMA yang selama ini berkantor di Kementerian ESDM diharapkan bisa segera membuka kantor di Aceh, apa lagi baru-baru ini telah dilakukan rekrutmen pegawai untuk badan tersebut.

“Semoga ini bisa berjalan normal, agar pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi dalam wilayah kewenangan Aceh bisa berjalan, dan pemerintah Aceh melalui BPMA bisa melakukan melakukan kontrak-kontrak bisnis migas dengan berbagai perusahaan, baik dalam negeri maupun perusahaan multinasional untuk menambah pendapatan daerah dari sektor migas,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *