,

Pemenuhan Kebutuhan Halal Indonesia Masih Impor

JAKARTA – Indonesia merupakan pangsa pasar besar produk halal di dunia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, kebutuhan produk halal Indonesia masih banyak yang diimpor.

Hal itu diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus DE Martowardojo saat membuka Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 di Surabaya bersama Wakil Presiden Jusuf Kala, Kamis, 9 November 2017.

“Industri halal merupakan salah satu industri yang berkembang pesat di dunia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar bagi industri halal. Tapi, porsi besar pemenuhan kebutuhan tersebut, antara lain makanan halal, kosmetik serta fashion halal, datang dari impor,” ungkapnya.

Agar Indonesia dapat swasembada produk-produk halal, Agus Martowardojo menilai pengembangan skema komersil dan sosial dari keuangan syariah dalam negeri perlu dioptimalkan.

“Optimalisasi ekonomi syariah dapat turut membantu ekonomi dan mengurangi tekanan pada neraca transaksi berjalan Indonesia. Dengan besarnya potensi Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kolaborasi dan koordinasi merupakan hal yang integral,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dalam sambutannya menekankan pentingnya memulai usaha yang sebaik-baiknya, mengingat sebagian besar sumber rezeki adalah perdagangan.

“Untuk itu, kegiatan pesantren-pesantren di bidang ekonomi, termasuk mengajarkan santrinya untuk berdagang, sangat penting. Berbagai usaha, baik di bidang pertanian maupun bidang lainnya, halal selama tidak melanggar ajaran agama. Tentunya, agar sistem keuangan syariah berjalan lancar, seluruh pihak harus melaksanakan peran masing-masing secara jujur,” harapnya.[HK/rls]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *