,

Pembangunan PLTSa Jangan Mengganggu Situs Sejarah dan Makam Ulama

BANDA ACEH – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh diharapkan tidak mengganggu situs sejarah dan makam ulama di daerah bekas pusat Kerajaan Aceh itu.

Pasalnya, tahun lalu juga sempat terjadi penolakan dari masyarakat terhadap proyek pembangunan Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di lokasi yang sama. Bahkan Pemerintah Aceh kemudian menghentikan proyek IPAL tersebut setelah ditemukan beberapa makam dengan nisan batu berukir peninggalan Kerajaan Aceh di sana.

Himbauan itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonimi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, Minggu, 16 September 2018. Malah, kata H Firmandez pihaknya sudah pernah membawa Tim Pemantau Otsus Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta dari DPR RI ke lokasi tersebut, Senin, 23 OKtober 2017 lalu pasca adanya penolakan dari masyarakat terhadap proyek IPAL.

“Dalam pertemuan tim pemantau Otsus dengan Gubernur Aceh dan tokoh masyarakat, termasuk dari kalangan ahli waris Sultan Aceh, saat itu sudah disepakati bahwa proyek IPAL direlokasi ke tempat lain. Kalau sekarang mau dibangun PLTSa di sana, maka saya menghimbau agar situs sejarah dan makam ulama di sekitar itu tidak digangu,” himbau H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh harus kembali duduk bermusyawarah dengan berbagai pihak agar pembangunan PLTSa tersebut tidak meninmbulkan gejolak seperti proyek IPAL sebelumnya.

“Saya dengar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Iqnasius Jonan juga secara lisan sudah menyetujui pembangunan PLTSa itu, bahkan bersedia mencari investor untuk pengembangannya. Kita dukung ini, tapi pada sisi lain kita juga harus memikirkan kepentingan menjaga situs sejarah, apa lagi di situ banyak malam ulama tempo dulu, jadi ini harus jadi perhatian bersama,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *