,

Pelajar Belgia Gandrungi Tari Saman

BRUSSELS – Setelah menyasikan pertunjukan dari saman oleh 15 penari dari Gayo Lues, Aceh, pada Eropalia Art Festival, para pelajar di Belgia terkagum dan mulai mengandrunginya. Mereka minta diajarkan langsung pada para penari dari negeri seribu bukit tersebut.

Siswa-siswa di Belgia akan diajari selama sepakan sampai mereka benar-benar bisa memainkan tarian yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia tak benda dari Indonesia tersebut.

“Bukan hanya anak-anak dan pelajar saja, tapi juga orang-orang dewasa dan pejabat setempat terkagum dengan tarian saman. Bila sebelumnya mereka hanya menonton di youtube kemarin mereka bisa menyaksika langsung pertunjukannya di Belgia,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan Gayo Lues, Syafruddin melalui pesan WA dari Belgia, Kamis,12 Oktober 2017.

Syafruddin mengaku sempat kwalahan menjawab pertanyaan anak-anak yang mengikuti work shop tersebut, termasuk harus menjelaskan tata cara main saman dan sejarah singkat adanya tari saman.

“Kita cuma menyampaikan tata caranya, dan saya yakin, siapapun yang ingin belajar tari saman pasti bisa, asalkan pelatihnya orang-orang yang bergelut di seni tari saman, kalau menyangkut gerakan, saya rasa itupun tidak sulit, tinggal mengikuti intruksi pelatih saja,” jelasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *