,

Pejabat Jangan Tersandera dengan Kesalahan Sendiri

KUALA SIMPANG – Pejabat di daerah diminta untuk bijaksana mengelola anggaran, mengutamakan program prioritas, sesuai dengan prinsip money follow program yang ditegaskan pemerintah. Prinsip kecermatan sangat penting dilakukan agar pejabat tidak tersandera dengan kesalahan sendiri.

Penegasan itu disampaikan anggota DPR RI asal Aceh, H Firmandez saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan bupati dan pejabat SKPK Aceh Tamiang, di kantor Bupati Aceh Tamiang, Senin, 8 Agustus 2016.

Dalam RDP yang dibuka Bupati Aceh Tamiang, Hamda Sati itu, H Firmandez menekankan, para pejabat di daerah harus menggunakan fasilitas dan anggaran yang tersedia sesuai dengan cara dan aturan yang legal.

“Jangan sampai para pejabat di sini tersandera dengan kesalahan sendiri dalam mengelola anggaran daerah. Lakukanlan tugas sesuai dengan norma yang telah ditetapkan negara, jangan sampai muncul kasus yang berakhir ke penjara,” ujar Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tersebut.

Selain itu lanjut H Firmandez, pejabat di daerah juga jangan sampai merusak kepercayaan masyarakat. Para pejabat harus menunjukkan sikap dan kinerja yang amanah dan bertanggung jawab. Apa lagi Aceh sebagai satu-satunya daerah bersyariat Islam di Indonesia.

Untuk membangun daerah, kata H Firmandez, tentunya tidak cukup bila hanya mengandalkan APBA dan APBK. Untuk itu, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini berharap agar pejabat di daerah jeli melihat peluang dalam melakukan lobi-lobi anggaran di tingkat pusat.

“Banyak jalur untuk mendapatkan alokasi anggaran, baik melalui permintaan bantuan langsung dari pemerintah pusat, maupun yang sudah dialokasikan ke daerah. Gunakan jalur-jalur yang legal, sesuai prosedur,” lanjut H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *