,

PDPA Belum Memberikan Kontribusi Berarti Bagi Aceh

BANDA ACEH – Sejak dibentuk tahun 1994 lalu hingga sekarang, Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) dinilai belum mampu memberikan konstribusi yang berarti bagi pembangunan Aceh.

Hal itu diakui oleh Gubernur Zaini Abdullah karena PDPA belum memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagaimana diharapkan, selain itu Gubernur berharap PDPA seharusnya dapat mendukung percepatan pembangunan Aceh, serta berperan aktif dalam membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Zaini Abdullah saat melantik melantik direktur, badan pegawas dan direksi PDPA periode 2017-2021, di Pendopo Gubernur Aceh, Rabu, 14 Juni 2017.

“Sayangnya, tujuan pendirian PDPA belum tercapai. Itu sebabnya reformasi di tubuh PDPA mutlak harus dilakukan. Dengan reformasi itu, diharapkan PDPA mampu menunjukkan kinerja yang optimal bagi pembangunan Aceh,” harap Zaini Abdullah.

Gubernur juga berharap agar kehadiran personil yang baru dilantik hari ini dapat mendukung langkah Pemerintah Aceh untuk menjadikan PDPA sebagai perusahaan daerah yang mandiri, berdaya guna serta memiliki sistem manajemen yang berkualitas.

Gubernur mengakui, upaya pembenahan yang telah dilakukan tidak selalu berjalan mulus. Hal tersebut dikarenakan stigma negatif yang telah lama disandang PDPA tidak mudah untuk diurai dalam waktu singkat.

“Meski demikian, kita tidak boleh berputus asa, sebab saya yakin masih ada peluang untuk menjadikan PDPA tumbuh sebagai perusahaan daerah yang besar dan menguntungkan sesuai dengan tujuan pendiriannya,” lanjut Zaini Abdullah.

Menurut Gubernur, untuk mencapai tujuan tersebut, PDPA harus dikelola secara profesional oleh figur-figur yang tepat untuk mengelola PDPA, dimana figur tersebut memiliki wawasan yang luas dan visioner, cakap dan handal serta profesional dalam bersikap dan bertindak untuk mengembangkan bisnis PDPA ke depan.

“Jika ini dapat dipenuhi, Insya Allah PDPA akan mampu menjadi salah satu pilar penting dalam menopang pembangunan Aceh pada masa yang akan datang,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Gubernur juga berpesan kepada Ketua dan Anggota Badan Pengawas PDPA yang baru dilantik, untuk melakukan pengawasan secara periodik guna mengendalikan dan membina tugas-tugas direksi.

Gubernur juga mengimbau agar para pimpinan PDPA mampu mendorong perubahan paradigma di perusahaan agar PDPA lebih kompetitif dan mampu memanfaatkan peluang yang ada, sehingga kinerja perusahaan daerah ini lebih baik dari sebelumnya.

Kepada para anggota direksi, Gubernur juga berpesan agar dapat segera bersinergi bersama direksi lainnya untuk bekerja lebih fokus dan terarah, mengedepankan profesionalisme dan menjaga independensi sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *