,

PAW Anggota Dewan PNA Berujung ke Pengadilan

TAPAKTUAN – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nanggroe Aceh (DPW PNA) Aceh Selatan mengajukan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota dewan dari PNA atas nama Zakaria Isa dengan Amiruddin. Prosesnya terkendala gugatan ke pengadilan.

Belum digelarnya pleno PAW di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan membuat Ketua DPW PNA Aceh Selatan Tgk Amran angkat bicara. Ia malah menilai DPRK sengaja mengulur-ngulur waktu.

“Kami meminta DPRK Aceh Selatan segera menggelar rapat paripurna istimewa untuk pengambilan sumpah jabatan PAW kader kami di dewan,” tegasnya, kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis, 21 Desember 2017.

Tgk Amra mengungkapkan, usulan PAW yang diajukan DPW PNA Aceh Selatan melalui surat nomor : 24/DPW-PNA/AS/VII/2017 pada tanggal 24 Juli 2017 lalu, menindaklanjuti surat rekomendasi DPP PNA Nomor : 265/DPP-PNA/2017 tanggal 2 Mei 2017 tersebut telah di sampaikan kepada DPRK Aceh Selatan.

Bahkan, Ketua DPRK Aceh Selatan melalui surat nomor : 170/27/2017 tanggal 8 September 2017 lalu telah mengeluarkan surat penyampaian calon PAW anggota dewan. Selain itu, Bupati Aceh Selatan melalui surat nomor : 135.1/720/2017 tanggal 19 September 2017 juga telah mengusulkan peresmian pemberhentian Zakaria Isa dari anggota DPRK dan pengangkatan Amiruddin sebagai pengganti antar waktu.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan melalui surat nomor : 32/KIP.Kab-001.43461/VIII/2017 tanggal 29 Agustus 2017 juga telah menyampaikan berita acara rapat pleno tentang pemeriksaan pemenuhan persyaratan calon PAW hasil pemilihan umum tahun 2014.

Dalam surat itu, KIP Aceh Selatan menyimpulkan bahwa Amiruddin dinyatakan telah memenuhi syarat untuk diresmikan pengangkatannya sebagai pengganti antar waktu anggota DPRK Aceh Selatan. “Sejauh ini DPW PNA Aceh Selatan telah memenuhi seluruh proses administrasi PAW sesuai peraturan KPU Nomor 6 tahun 2017,” papar Tgk Amran.

Bahkan menindaklanjuti hal itu, sambung Tgk Amran, pada tanggal 6 November 2017 Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf juga telah mengeluarkan surat keputusan (SK) nomor : 171/1072/2017 tentang peresmian pemberhentian Zakaria Isa sebagai anggota DPRK dan pengangkatan PAW Amiruddin sebagai anggota DPRK Aceh Selatan sisa masa jabatan periode 2014-2019..

Sayangnya, kata Tgk Amran, meskipun SK Gubernur telah keluar namun pihak badan musyawarah (Banmus) DPRK Aceh Selatan belum juga menggelar musyawarah untuk menetapkan jadwal rapat paripurna istimewa pelantikan PAW tersebut. Sehingga terkesan proses PAW tersebut sengaja diperlambat.

“Rapat banmus DPRK Aceh Selatan baru digelar pada 19 Desember 2017. Namun hasil keputusan yang diambil melalui voting kembali menunda jadwal rapat paripurna tersebut,” ungkapnya.

Ketua DPRK Aceh Selatan, T Zulhelmi yang dikonfirmasi terpisah membenarkan pihaknya telah menunda proses pelantikan PAW anggota dewan dari PNA tersebut. Menurutnya, penundaan tersebut karena anggota dewan dari PNA yang rencananya akan di PAW, Zakaria Isa mengajukan gugatan hukum ke Pengadilan Negeri (PN) Tapaktuan.

Pihak-pihak yang digugat tersebut diantaranya adalah DPW PNA Aceh Selatan, DPP PNA, Bupati Aceh Selatan, DPRK Aceh Selatan dan Gubernur Aceh. “Kami tidak bisa memproses pelantikan PAW anggota dewan bersangkutan sebelum keluarnya keputusan hukum tetap dari pengadilan,” kata T Zulhelmi.

T Zulhelmi mengakui bahwa, sebelum rapat badan musyawarah digelar, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf telah melayangkan surat meminta proses pelantikan PAW dimaksud segera dipercepat. Namun surat tersebut bukan dilayangkan secara langsung ke lembaga dewan melainkan kepada Bupati Aceh Selatan.

“Menindaklanjuti hal itu, kami telah meresponnya dengan menggelar rapat badan musyawarah. Namun rapat yang digelar sistem voting memutuskan bahwa paripurna harus ditunda. Jika pun Gubernur Aceh kembali melayangkan surat ke depannya, maka kami secara tegas akan membalas surat tersebut. Karena ada prosedur dan mekanisme yang harus ditempuh dalam pengambilan keputusan di lembaga dewan, tidak bisa langsung diputuskan oleh pimpinan,” jelasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *