,

Pasca Napi Kabur
Komisi III DPR RI Sidak ke Rutan Tapaktuan

TEROPONGACEH.COM | TAPAKTUAN – Anggota Komisi III DPR-RI, Muslim Aiyub, Senin, 15 Agustus 2016 melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Tapaktuan. Sidak dilakukan setelah sebelumnya tujuh tahanan melarikan diri dari penjara tersebut.

Muslim menduga ada oknum tertentu yang bermain dibalik kaburnya tujuh tahanan pada Sabtu dini hari, 13 Agustus 2016. Untuk mengusut hal itu Muslim Aiyub berjanji, akan menurunkan tim gabungan yang terdiri dari Komisi III DPR-RI dan Kemenkum HAM). “Kita akan turunkan tim ke Tapaktuan untuk mengusut kasus ini, sebab persoalan ini sudah menjadi isu nasional,” tegansya.

Muslim Aiyub mengaku diperintahkan langsung oleh Ketua Komisi III DPR RI untuk melakukan pengecekan secara langsung ke Rutan Tapaktuan. Saat melakukan Sidak ke Rutan Tapaktuan sekitar pukul 14.00 WIB, Muslim Aiyub masuk langsung ke dalam kamar mandi kamar sel nomor 2 untuk meninjau langsung lokasi dinding beton penjara yang dibobol oleh tujuh napi yang berhasil kabur.

Selain itu, Muslim Aiyub juga meninjau kondisi pagar setinggi 6 meter di bagian belakang Rutan yang di panjat oleh tujuh napi tersebut. Pagar setinggi 6 meter yang di pasang kawat berduri melingkari pagar, terlihat sudah dipotong oleh napi saat mereka melarikan diri.

Muslim Aiyub juga memerintahkan Kepala Rutan Tapaktuan, Irman Jaya, untuk memanggil empat orang perwakilan napi yang mendekam satu kamar sel dengan tujuh napi yang sudah kabur. Kepada empat napi tersebut, Muslim Aiyub mengajukan beberapa pertanyaan seputar kaburnya tujuh tahanan itu.

Muslim Aiyub juga meminta kepada Kepala Rutan Kelas IIB Tapaktuan agar bekerja secara serius dan maksimal untuk mencegah masuknya barang-barang tidak tidak boleh masuk ke dalam penjara.

Menyangkut jumlah personil yang masih terbatas serta kondisi Rutan Kelas IIB Tapaktuan yang sudah over kapasitas, Muslim Aiyub berjanji akan meminta kepada Menteri Hukum dan HAM RI agar mengucurkan anggaran secara maksimal untuk menambah personil dan membangun bangunan baru yang lebih refresentatif sesuai kebutuhan tahanan dan napi.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *