,

Partai PIKA Gagal Mendaftar di Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Partai Indonesia Kerja (PIKA) sebuah partai politik (Parpol) baru yang didirikan oleh relawan Jokowi, dinyatakan gagal mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan.

Hingga masa pendaftaran Parpol peserta Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019 berakhir pada tanggal 16 Oktober dan diperpanjang lagi satu hari sampai tanggal 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB sesuai Surat Edaran KPU Nomor : 585 tahun 2017, partai tersebut tidak mampu melengkapi persyaratan.

Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis Absyir mengatakan, sampai batas terakhir pendaftaran pada Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB, dari 22 Parpol yang tercatat terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Selatan, 21 Parpol dinyatakan sudah lengkap menyerahkan berkas pendaftaran yang terdiri dari salinan dokumen keanggotaan.

Namun, khusus terhadap Partai PIKA yang mendaftar ke KIP setempat pada Selasa, 17 OKtober 2017 pukul 23.55 WIB, ditolak pendaftarannya karena tidak mampu melengkapi data sesuai persyaratan yang telah ditetapkan.

“Mereka meminta dispensasi kepada KIP untuk memberikan tambahan waktu keesokan harinya melengkapi berkas pendaftaran. Namun KIP menolak permintaan tersebut karena sesuai surat ederan KPU tambahan waktu yang diberikan hanya sampai Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB,” jelas Khairunis Absyir,” di Tapaktuan, Rabu, 18 Oktober 2017.

Dengan demikian, lanjut Khairunis, hingga ditutupnya pendaftaran hanya tercatat sebanyak 21 Parpol yang dinyatakan telah diterima berkas pendaftaran di KIP setempat.

Dari 21 Parpol tersebut, 4 diantaranya merupakan partai politik lokal (Parlok) Aceh yakni Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), SIRA dan PD Aceh. Selebihnya adalah partai politik nasional (Parnas) yang berjumlah sebanyak 17 parpol. Ke-17 parnas tersebut adalah Perindo, Gerindra, PSI, PAN, NasDem, Garuda, Berkarya, PPP, Golkar, Demokrat, PKB, PDIP, PBB, PKPI, Hanura, Idaman dan Republik.[HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *