Pariwisata Masih Jadi Sektor Potensial Investasi di Indonesia

0
129

JAKARTA – Sektor pariwisata masih menjadi sektor potensial investasi di Indonesia bersama tiga sektor lainnya, manufaktur, perikanan dan infrastruktur. Hal itu diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo dalam Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) 2019 pada Selasa, 2 Juli 2019 di London, Inggris.

Ia mengajak investor global untuk segera berinvestasi di Indonesia karena prospek ekonomi Indonesia yang sangat cerah. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid dan stabilitas makroekonomi yang tetap terjaga di tengah dinamika perekonomian global, kondusif untuk iklim investasi di Indonesia.

Perry menjelaskan, peluang investasi di sektor manufaktur fokus pada 3 komoditi ekspor Indonesia, yaitu otomotif, tekstil dan alas kaki. Peluang investasi untuk sektor pariwisata difokuskan pada pengembangan prioritas tujuan pengembangan dan branding pariwisata Indonesia (Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Joglo Semar, Bali, Jakarta, Banyuwangi, Bromo dan Kepulauan Riau).

Sementara untuk sektor perikanan, peluang investasi terbuka khususnya di Indonesia Kawasan Timur untuk pengembangan budidaya dan industri pengolahan pendukungnya, mengingat besarnya potensi sumber daya alam Indonesia. Peluang investasi di sektor infrastruktur level nasional, mengacu kepada daftar proyek strategis nasional yang diterbitkan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), terdiri dari 223 proyek dan 3 program.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here