,

Parameter Kemiskinan Belum Menggambarkan Kondisi Riil

YOGYAKARTA – Pemerintah diminta untuk mengubah paradigma dan cara pandang dalam merumuskan parameter kemiskinan. Selama ini parameter kemiskinan belum menggambarkan kondisi riil di lapangan.

Demikian ditegaskan Kepala Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, Agus Heruanto Hadna pada Seminar Nasional Kemiskinan dan Ketimpangan di Indonesia di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta, Sabtu, 9 April 2016.

“Untuk menentukan kebijakan penanggulangan kemiskinan yang efektif, definisi dan parameter kemiskinan yang tepat, sangat dibutuhkan. Penghitungan kemiskinan secara moneter yang selama ini digunakan oleh pemerintah pada kenyataannya belum cukup menggambarkan kondisi riil kemiskinan di tingkat daerah,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, pada kesempatan yang sama, Deputi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Rahma Iryanti menjelaskan, untuk menghindari ketimpangan pendapatan masyarakat, pemerintah menetapkan berbagai strategi pembangunan nasional, mulai dari memperkuat sektor usaha mikro dan kecil, hingga alokasi dana desa.

Rahma Iryanti mengungkapkan, Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2016 akan disalurkan Rp 100 triliun disertai subsidi bunga pinjaman yang dialokasikan mencapai Rp 10,5 triliun. “Ini cukup ideal untuk mendorong produktivitas serta pertumbuhan jumlah pelaku usaha. Tinggal jangan sampai bank penyalur KUR hanya menyasar pelaku usaha yang sudah dianggap bankable. Untuk hal itu, kami akan lakukan intervensi langsung,” jelasnya.

Pada kesempatan yang smaa, Sekjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi optimistis, melalui dana desa yang tahun ini dialokasikan Rp 60 triliun, mampu mengentaskan kemiskinan hingga di pelosok daerah. “Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur usaha padat karya,” katanya.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *