,

Panwaslih dan KIP Bersihkan Alat Peraga Kampanye

TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab setempat, melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh di seluruh wilayah Aceh Selatan, Minggu 12 Februari 2017.

Pembersihan dilakukan karena sampai memasuki batas waktu terakhir telah memasuki masa minggu tenang terhitung Minggu 12 Februari 2017 pukul 00.00 WIB, masing-masing tim pemenangan kontestan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2017 di Kabupaten Aceh Selatan tidak ada yang kooperatif dengan kesadaran sendiri menurunkan APK-nya masing-masing.

Penertiban APK yang melibatkan petugas Satpol PP Pemkab Aceh Selatan tersebut dimulai Minggu siang sekitar pukul 11.00 WIB dengan start pertamanya mulai dari Kota Tapaktuan kemudian berlanjut ke arah Kecamatan Samadua.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Drs Safli Alian bersama beberapa anggotanya juga turun lapangan langsung Ketua KIP Aceh Selatan Khairunis Absir bersama beberapa orang komisioner KIP lainnya.

Petugas Satpol PP yang diperintah mengeksekusi penertiban APK tersebut, terlihat mencabut satu per satu seluruh APK milik pasangan calon yang masih terpasang di sepanjang pinggir jalan lintasan Nasional Tapaktuan – Banda Aceh. APK yang ditertibkan tersebut antara lain baliho, spanduk, stiker termasuk puluhan bendera partai politik.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Drs Safli Alian, mengemukakan bahwa sebelum langkah penertiban itu dilakukan pihaknya sudah terlebih dulu melayangkan surat kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh di Kabupaten Aceh Selatan.

“Karena hingga berakhirnya batas waktu terakhir pada Minggu 12 Februari 2017 pukul 00.00 WIB, permintaan penurunan seluruh APK juga tidak ditindaklanjuti, maka petugas Satpol PP Pemkab Aceh Selatan selaku pihak yang berwenang sesuai aturan yang berlaku, melakukan tindakan tegas dengan menurunkan atau mencopot paksa seluruh APK tersebut,” kata Safli Alian.

Pihaknya, sambung Safli, memastikan bahwa langkah penertiban APK tersebut akan dilakukan secara bertahap diseluruh wilayah Aceh Selatan, sehingga di masa minggu tenang selama tiga hari mulai tanggal 12 – 14 Februari 2017, seluruh wilayah Aceh Selatan benar-benar bersih dari atribut kampanye pasangan calon tertentu.

“Karena wilayah Kabupaten Aceh Selatan tergolong luas, maka untuk hari pertama pada Minggu 12 Februari 2017, penertiban APK di fokuskan sebelah barat dulu yakni mulai dari Kota Tapaktuan hingga wilayah Labuhanhaji Raya. Sedangkan untuk wilayah timur mulai dari Kecamatan Pasie Raja hingga Trumon Timur akan dilanjutkan pada Senin 13 Februari 2017,” ujarnya.

Selain penertiban APK, sambung Safli, pihaknya juga berkewajiban memastikan selama berlangsungnya minggu tenang tidak ada lagi kegiatan kampanye tim pemenangan paslon tertentu.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *