,

Panwascam Demo Rumah Sekretaris Bawaslu

TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Aceh Selatan menggelar aksi demo di rumah Sekretaris Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Khairunufus di Kompleks Perumnas, Gampong Arafah, Kecamatan Samadua, Sabtu, 15 September 2018.

Mereka menuntut sejumlah hak-hak mereka yang diklaim belum direalisasikan sampai saat ini. Aksi tersebut dipimpin Ketua Panwascam Samadua, Reza Mardiansyah dan Panwascam Kota Bahagia, Hamidi serta Panwascam Bakongan Lukman Hakim. Para Panwascam menuding Khairunufus tidak transparan mengelola anggaran selama ini.

Beberapa tuntutan yang disuarakan oleh para pendemo antara lain adalah belum diserahkannya anggaran perekrutan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di masing-masing desa, operasional perkantoran yang belum jelas dananya termasuk biaya perjalanan dinas yang belum dibayar semua.

Selain itu, uang listrik kantor yang belum dibayar sama sekali, anggaran sewa alat yang tidak jelas, POK/RKA atau RAB untuk kecamatan sampai saat ini belum diserahkan oleh sekretaris Bawaslu kabupaten.

Para pendemo mengultimatum bahwa seluruh persoalan tersebut harus segera dituntaskan dalam waktu satu pekan ke depan. Jika tidak, maka mereka mengancam akan menggelar aksi demo kembali sampai tuntutan yang mereka perjuangkan terealisasi dari pihak Sekretaris Bawaslu Kabupaten Aceh Selatan.

Salah seorang komisioner Bawaslu Aceh Selatan, Zarli Yanto saat dihubungi via telepon seluler oleh wartawan, justru mengaku bahwa pihaknya belum mengetahui ada aksi demo di kediaman pribadi sekretaris Bawaslu yang dilakukan oleh belasan petugas Panwascam se-Aceh Selatan.

“Kami baru saja tahu informasi tersebut setelah dikonfirmasi rekan-rekan wartawan. Nanti kami akan memanggil pihak Panwascam dan pihak sekretaris Bawaslu untuk diminta klarifikasi dari masing-masing pihak,” ujarnya singkat.

Sementara, Sekretaris Bawaslu Aceh Selatan, Khairunufus belum berhasil dikonfirmasi. Upaya konfirmasi yang dikirim via WhatsApp (WA) pada Sabtu malam (15/9/2018) malam, sejauh ini belum dibalas meskipun telah dibaca.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *