,

Pangdam Tanam Padi Serentak di Kuta Trieng

LABUHANHAJI – Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Sabtu, 29 Oktober 2016 melakukan penanaman padi bersama di sawah warga Kuta Trieng, Labuhanhaji Barat, Aceh Selatan.

Pangdam mengapresiasi petani setempat yang sudah bisa menanam padi tiga kali dan panen bagah sebanyak tiga kali dalam setahun. Dia berharap keberhasilan tersebut dapat menjadi contoh dan diikuti oleh seluruh petani di Aceh.

“Keberhasilan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita semua, sebab di saat daerah lain masih tanam padi maksimal dua kali setahun, Aceh Selatan sudah berhasil melakukan tanam padi tiga kali,” puji Mayjen TNI Tatang Sulaiman.
 
Pangdam berharap, keberhasilan yang telah diraih tersebut terus dikembangkan secara lebih maksimal lagi ke depannya sehingga cita-cita ingin mewujudkan Aceh Selatan sebagai sentra produksi gabah terbesar di Aceh dapat terlaksana.
 
Menurutnya, dalam tahun 2016 ini pihaknya bersama instansi terkait dan masyarakat petani telah berhasil membuka lahan sawah baru seluas 2.500 hektar di lima kabupaten di Aceh. Meskipun Kabupaten Aceh Selatan belum melakukan pembukaan lahan baru, namun berdasarkan hasil pembicaraan pihaknya dengan Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra, pada tahun depan daerah tersebut juga akan memprogramkan pembukaan lahan sawah baru serta memanfaat seluruh lahan telantar menjadi lahan produktif.
 
Untuk menyukseskan program ketahanan pangan di Aceh, Pangdam mengatakan telah menginstruksikan seluruh jajaran TNI AD mulai dari Korem, Kodim khususnya petugas Babinsa di Koramil bersama instansi terkait agar terus melakukan pendampingan terhadap petani.

“Upaya pendampingan yang kita lakukan tidak hanya difokuskan terhadap peningkatan produksi tapi juga terhadap pengembangan luas lahan khususnya terhadap program upaya khusus padi, jagung dan kedelai,” jelasnya.

Tatang Sulaiman menghimbau kepada masyarakat agar tidak merasa heran dan terkejut ketika melihat banyak prajurit TNI yang turun ke sawah. Menurutnya itu merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo melalui Panglima TNI dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tanah air.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra mengatakan, dari 18 kecamatan di daerah itu baru Kecamatan Labuhanhaji Barat yang telah mampu melaksanakan tanam padi sebanyak tiga kali dalam setahun. Karena itu, pihaknya telah menjadikan kecamatan tersebut sebagai proyek percontohan bagi kecamatan.
 
“Kami yakin berkat dukungan dari semua pihak, wilayah Kecamatan Labuhanhaji Raya yang terdiri dari tiga kecamatan ini akan terwujud tanam padi tiga kali setahun. Namun untuk wilayah Kluet Raya masih satu kali setahun sedangkan wilayah Kecamatan Meukek, Sawang dan Samadua masih dua kali setahun,” ungkap Bupati.

Turut serta dalam tanam padi tersebut antara lain, Pangdam Mayjen TNI Tatang Sualiman, Bupati  Aceh Selatan HT Sama Indra, Danpomdam IM Kol CPM Kemas Ahmad Yani, Danrem 012 Teuku Umar Kolonel Inf Djaka Budi Utama, Staf Ahli Kementerian Pertanian Ir Mukti Sarjono MSc, Kadis Pertanian Aceh Prof Abu Bakar Karim. Mereka bersama istri masing-masing langsung ke sawang menanam padi serentak.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *