,

PAD Kota Banda Aceh Meningkat 110,5 Persen

BANDA ACEH – Pendapatan Asli Derah (PAD) Kota Banda Aceh tahun 2016 meningkat hingga 110,5 persen, setara dengan Rp 258 miliar. Peningkatan terjadi setelah adanya intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal saat paripurna penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Banda Aceh tahun anggaran 2016 ke DPRK, Jumat, 2 Juni 2017 di ruang sidang paripurna DPRK Banda Aceh.

“Hasilnya di tahun 2016, Banda Aceh berhasil terus meningkatkan PAD hingga mencapai target sebesar 110,5% atau sebesar lebih dari 258 Milyar rupiah. Hal ini merupakan hasil dari tindakan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan di Kota Banda Aceh,” ungkap Illiza.

Lebih lanjut Illiza memaparkan, target-target tahun 2016 lalu sebagian besar telah tercapai, hal itu terlihat dari semakin baiknya penerapan dan pemahaman masyarakat tentang Syariat Islam, meningkatnya aktivitas keagamaan baik di lingkungan rumah tangga, sekolah, perkantoran, maupun ruang publik lainnya.

Selain itu menurutnya, Banda Aceh juga berhasil menerapkan program reformasi birokrasi dan meningkatan tata kelola pemerintahannya melalui berbagai efisiensi dan peningkatan kinerja dan inovasi pegawai dan SKPK.

Meski demikina, Illiza mengakui banyak tantangan dan hambatan yang dilalui pada tahun sebelumnya, namun berkat dukungan dan kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif serta seluruh pihak yang mendukung lainnya, Banda Aceh berhasil menyelesaikan tantangan tersebut.

“Keberhasilan dan kesuksesan kita ini menjadi lebih berharga berkat segala cobaan dan tantangan tersebut. Kita menjadi lebih kuat, lebih inovatif, dan lebih kreatif karena berbagai kekurangan yang kita hadapi,” lanjutnya.

Sementara itu ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah menyebutkan salah satu fungsi pokok dari penyerahan LKPJ tersebut adalah dalam rangka untuk menciptakan checks and balance penyelenggaraan pemeritahan daerah.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRK Banda Aceh, Arief Fadillah tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh Drs Zainal Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banda Aceh Bahagia, para anggota DPRK Banda Aceh, serta sejumlah pejabat SKPK.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *