,

Pabrik Semen Kaloy Sangat Potensial Untuk Aceh Tamiang

KUALA SIMPANG – Rencana pendirian pabrik semen oleh PT Tripa Semen Aceh di Gampong Kaloy, Tamiang Hulu, Aceh Tamiang dinilai sangat potensial untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi negeri Raja Muda Sedia tersebut.

koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez sangat mendukung pembangunan tersebut. Sumber Daya Alam (SDA) bahan baku semen di Tamiang Hulu tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar memberikan keuntungan ekonomis bagi daerah.

“Kalau di barat Aceh ada pabrik Laweung di Pidie, maka di bagian timur Aceh ada pabrik semen Kaloy Tamiang nanti. Keduan-duanya harus jadi. Apa yang selama ini terjadi di Pidie harus dijadikan pelajaran oleh Pemerintah Aceh Tamiang dan Pemerintah Aceh untuk merealisasikan kedua pabrik semen tersebut,” jelas H Firmandez, Sabtu, 30 Desember 2017, usai menghadiri pelantikan bupati Aceh Tamiang sehari sebelumnya.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) harus merespon dengan baik dan mempermudah segala prosedurnya. Apa lagi nilai investasi yang akan ditanam di pabrik semen Kaloy mencapai Rp 2,5 triliun, dengan target produksi 1,5 juta ton semen curah per tahun.

“Ini sebuah potensi besar untuk Aceh Tamiang. Kita berharap sumber daya alam yang melimpah itu segera bisa diproduksi menjadi semen, sehingga multiplayer efeknya bisa segera dinikmati oleh masyarakat,” lanjut H Firmandez.

Multiplayer efek itu kata H Firmandez diantaranya seperti terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, sehingga bisa menurunkan angka pengangguran, serta bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. “Jadi, kita sangat mendukungnya,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *