,

Optimisme Konsumen Secara Nasional Melemah

JAKARTA – Survei Konsumen Bank Indonesia pada bulan Oktober 2017 mengindikasikan keyakinan konsumen masih pada level optimis dengan kecenderungan melemah.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2017 sebesar 120,7, lebih rendah dari 123,8 pada September 2017. Lebih rendahnya IKK tersebut dipengaruhi oleh penurunan kedua komponen pembentuknya, baik Indeks Kondisi ekonomi saat ini (IKE) maupun Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Sejalan dengan penurunan IKK, porsi pengeluaran konsumen untuk konsumsi mengalami penurunan dari 66,4% pada bulan sebelumnya menjadi 65,7% dan porsi pembayaran cicilan menurun dari 14,4% menjadi 14,1%. Di sisi lain, porsi tabungan konsumen meningkat dari 19,2% menjadi 20,2%.

Hasil Survei BI juga mengindikasikan perkiraan konsumen terhadap meningkatnya tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Januari 2018). Perkiraan naiknya tekanan harga ini terutama dipengaruhi oleh perkiraan terbatasnya pasokan bahan makanan seiring panen raya yang baru akan terjadi pada akhir triwulan pertama 2018.[HK/rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *