,

Ombak Ganas Rusak Rumah Warga Batu Itam

TEROPONGACEH.COM | TAPAKTUAN – Ombak besar menyebabkan abrasi pantai di Desa Batu Itam, Kecamatan Tapaktuan, beberapa rumah warga rusak. Salah satunya rumah milik H. Muhammad alias Ajo (69. Ombak yang ganas menerpa pantai pada Senin, 29 Agustus 2018 menyebabkan dapur dan dua kamar mandi rumah H Muhammad ambruk ke laut.

Abrasi laut juga merobohkan beton sepanjang 50 meter di belakang rumah Muhammad. Akibatnya puluhan rumah penduduk yang berada di sepanjang bibir pantai juga telah terancam bakal ambruk ke laut.

“Bagian dapur rumah saya memang sudah berada dalam laut karena air laut sudah naik cukup jauh ke daratan. Padahal sebelumnya jarak antara dapur rumah saya dengan bibir pantai mencapai 3 meter lebih,” ungkap Muhammad saat ditemui dirumahnya, Selasa, 30 Agustus 2016.

Muhammad meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera membangun tanggul pemecah ombak di sepanjang pantai.

“Selama ini petugas hanya turun lalu foto-foto di lapangan, katanya terkait usulan pembangunan tanggul sudah sejak lama diusulkan tapi hingga saat ini proyek itu tak kunjung direalisasikan. Jika dalam waktu dekat tidak ditanggulangi maka dampak abrasi akan semakin parah,” ujarnya.

Sekretaris Desa Batu Itam, Samsul Anas mengungkapkan, abrasi sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu, akibat ombak besar dengan ketinggian mencapai 4 meter. “Sebelumnya sudah pernah terjadi bencana serupa, tapi kejadian yang terjadi Senin (29/8) lalu tergolong cukup parah,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Selatan, Rahmad Humaidi mengatakan usulan pembangunan tanggul pemecah ombak sepanjang lebih kurang 400 meter lebih di Desa Batu Itam tersebut telah diusulkan oleh pihaknya kepada dinas terkait di Provinsi Aceh sejak bulan April 2016 lalu.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *