,

Nyaris Ambruk ke Sungai, Empat Rumah Warga Dibongkar

rumah warga dibongkar

TAPAKTUAN – Pengikisan tebing Krueng Kuet menyebabkan empat rumah di Gampong Keude Padang, Kecamatan Kluet Utara nyaris ambruk ke sungai. Untuk menghindari bencana, keempat rumah warga itu dibongkar.

Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, Mayfendri mengatakan, air sungai krueng kluet yang meluap pasca wilayah itu diguyur hujan lebat, menerjang tebing sungai sehingga makin memperparah terjadi erosi sungai di Gampong Keude Padang.

“Sebagian bangunan rumah penduduk tersebut memang sudah ambruk dihantam sungai. Untuk menghindari timbulnya kerugian lebih besar, pemilik rumah dibantu warga setempat membongkar paksa rumah tersebut,” kata Mayfendri kepada wartawan di Tapaktuan, Rabu, 8 November 2017.

Kempat unit rumah yang telah dibongkar paksa tersebut adalah milik Armia yang ditempati 5 jiwa, M Syarif ditempati 7 jiwa, Nuridah ditempati 2 jiwa dan Sufli ditempati 5 jiwa. Setekah rumah dibonglar, mereka terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara.

Selain itu kata Mayfendri, hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Selatan, telah mengakibatkan terjadi tanah longsor yang menutupi badan jalan di kawasan Gunung Pudung, Kemukiman Menggamat, Kecamatan Kluet Tengah pada Selasa, 7 November 2017 sekitar pukul 21.00 WIB.

Kempat titik tanah longsor yang menutupi badan jalan di kawasan Gunung Pudung, Menggamat. Hal itu mengakibatkan transportasi dari arah Kluet Utara menuju Kluet Tengah maupun sebaliknya lumpuh total.

Bahkan, dua unit mobil penumpang jenis pick up dan double kabin serta tiga sepeda motor yang dikendarai warga Menggamat hendak pulang ke rumahnya terjebak di kawasan Gunung Pudung karena badan jalan sudah tertutup tanah longsor.

Hujan deras juga telah mengakibatkan sejumlah gampong di wilayah Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir termasuk beberapa ruas jalan lintas provinsi dan lintas kabupaten.

Beberapa gampong tersebut adalah Lawe Cimanok, Buloh Didi, Beutong, Kecamatan Kluet Timur. Selain itu, Gampong Seunebok Kecamatan Pasie Raja dan meluapnya air yang merendam badan jalan menuju Bulohseuma tepatnya di Krueng Hitam.

“Namun banjir yang merendam pemukiman penduduk akibat meluapnya muara sungai ini tergolong tidak begitu parah,” pungkasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *