,

Nova Iriansyah Lantik KIP Aceh di Kemendagri

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyahm Selasa, 17 Juli 2018 melantik anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendafri), Jakarta. Pelantikan langsung disaksikan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Mereka yang dilantik itu adalah: Samsul Bahri, Munawarsyah, Akmal Abzal, Ranisah, Tharmizi, Muhammad, dan Agusni AH, menggantikan Komisiner KIP Aceh sebelumnya yang telah berakhir masa kerjanya sejak 25 Mei 2018 lalu.

Anggota KIP Aceh yang dilantik tersebut akan bertugas dari 2018 hingga 2023. Komisioner KIP baru ini merupakan hasil seleksi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) beberapa waktu lalu. Seharusnya mereka sudah dilantik pada 24 Mei 2018 sehari sebelum komisioner sebelumnya habis masa jabatan, tapi karena Gubernur Aceh Irwandi Yusuf tidak bersedia melantik karena menilai berbenturan dengan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan di Aceh.

Pada Pasal 58 ayat 1 qanun itu disebutkan: Dalam hal masa kerja KIP Aceh atau KIPKabupaten/Kota berakhir, sedangkan tahapan pemilu atau pemilihan sedang berjalan, maka masa jabatannya diperpanjang sampai dengan berakhirnya seluruh tahapan pemilu atau pemilihan.

Di sisi lain, DPRA menilai qanun ini tidak relevan lagi digunakan dan berbenturan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ketika Gubernur Irwandi sedang menghadapi kasusnya di KPK, pelantikanpun dilakukan setelah berkonsultasi dengan Mendagri meskipun dalam UUPA mengatur pelantikan merupakan kewenangan Gubernur Aceh.[dbs]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *