,

Nelayan Aceh Selatan Penerima Kartu Asuransi Terbanyak di Aceh

TAPAKTUAN – Sejumlah 2.290 nelayan di Aceh Selatan sudah menjadi pemegang kartu asuransi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jumlah ini terbanyak se-Aceh jika dibandingkan dengan daerah lain. Sementara jumlah nelayan di negeri pala itu mencapai 7.000 orang, namuan hanya 4.500 orang yang sudah memiliki kartu nelayan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap pada Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Adi Suhaima di Tapaktuan, Selasa, 4 April 2017. “Jumlah itu berdasarkan angka saat ditutupnya program entri data nelayan bulan Desember 2016 lalu. Karena entri datanya sudah berakhir maka angka tersebut sejauh ini sudah final,” kata Adi Suhaima.

Pihaknya, sambung Adi, telah bekerja maksimal merekrut para nelayan untuk diasuransikan. Langkah-langkah itu dilakukan dengan mengoptimalkan sosialisasi dengan cara melibatkan langsung masing-masing panglima laot lhok di masing-masing kecamatan serta menerjunkan para petugas operator secara langsung ke lapangan.

“Pada intinya adalah kedua organ penting tersebut harus bisa berfungsi optimal dan bekerja sinergis. Sebab jikapun para panglima laot aktif menggelar sosialisasi namun tidak didukung oleh petugas operator yang gesit dalam mengentri data nelayan juga akan percuma. Alhamdulilah, selama berlangsungnya proses entri data sepanjang tahun 2016 lalu, Aceh Selatan mampu merekrut nelayan untuk diberikan kartu asuransi terbanyak se-Aceh,” kata Adi Suhaima.

Saat disinggung apakah program tersebut akan berlanjut?, Adi Suhaimi menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Pemerintah Pusat apakah program tersebut akan berlanjut atau tidak. Adi Suhaima hanya menjelaskan bahwa kartu asuransi yang telah diberikan kepada sebanyak 2.290 orang nelayan di Aceh Selatan mayoritasnya akan berakhir pada akhir tahun 2017 ini.

“Apakah program ini akan dilanjutkan atau tidak tentu sangat tergantung kepada kebijakan pemerintah pusat.. Meskipun demikian, kami tetap optimis program tersebut akan dilanjutkan lagi ke depannya,” pungkasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *