,

Nama Pejabat Dinas Pendidikan Dicatut Dalam SMS Gelap

TAPAKTUAN – Sejak tiga hari terakhir kalangan tenaga pendidik di Aceh Selatan dibuat resah akibat beredarnya pesan singkat (SMS) dari nomor hand phone (HP) seluler orang tidak dikenal yang mengatasnamakan Sekretaris Dinas Pendidikan Aka Mulyadi.
 
Dalam pesan singkat yang mulai menyebar luas sejak Selasa (20/12) lalu yang dikirim melalui nomor HP 081288660912 tersebut isinya adalah: ‘Assalamu`alaikum. Mohon segera hubungi bapak Drs Martunis/Kadisdik Kab Aceh Selatan. Ini Hp pak Kadis 0811226618, penting sekali. Tertanda H Aka Mulyadi/Sekretaris Disdik’.
 
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan Drs Martunis yang dikonfirmasi di kantornya, Kamis, 22 Desember 2016 membenarkan terkait beredar luas SMS gelap yang dikirim seseorang tidak dikenal kepada para Kepala Sekolah (Kepsek) dan para Guru di daerah itu.
 
“Sejak tiga hari lalu, cukup banyak para kepala sekolah dan dewan guru yang menghubungi saya dan bahkan ada yang datang langsung ke kantor Dinas Pendidikan di Tapaktuan mempertanyakan perihal itu,” kata Martunis.
 
Pihaknya, tegas Martunis, memastikan bahwa pesan singkat tersebut adalah penipuan karena berdasarkan hasil konfirmasi dan klarifikasi yang telah dilakukan, Sekretaris Dinas Pendidikan Aka Mulyadi tidak pernah mengirimkan SMS tersebut.
 
Anehnya lagi, sambung Martunis, nomor HP dirinya yang disebutkan dalam SMS tersebut bukan nomor kontak resmi yang biasa dia gunakan serta telah tersimpan di masing-masing HP para Kepala Sekolah dan dewan guru.
 
“Menyikapi hal ini, saya telah perintahkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Mawardi, untuk memberitahukan kepada para kepala sekolah dan dewan guru bahwa SMS tersebut merupakan upaya penipuan yang dilakukan orang tak bertanggungjawab,” tambahnya.
 
Meskipun sejauh ini pihaknya belum menerima laporan ada kepala sekolah dan dewan guru yang menjadi korban penipuan dari SMS gelap tersebut, namun pihaknya tetap berharap kepada para kepala sekolah dan dewan guru di daerah tersebut agar tidak mudah mempercayai setiap adanya SMS gelap yang mengatasnamakan pejabat Disdik yang bertujuan sesuatu sehingga merugikan para kepala sekolah dan dewan guru itu sendiri.
 
“Saya memberi apresiasi kepada kepala sekolah dan dewan guru karena sejauh ini saya lihat sangat protektif ketika menerima SMS gelap. Hal itu dibuktikan dengan langsung menghubungi ke nomor kontak resmi saya menanyakan kebenaran informasi tersebut sehingga mereka luput dari aksi penipuan,” ucapnya.
 
Sementara itu, Fauzi SPd Kepala SDN Ladang Luah, Desa Pulo Ie, Kecamatan Kluet Utara yang dijumpai wartawan di ruang Kadis Pendidikan Aceh Selatan, Kamis, 22 Desember 2016 mengungkapkan sejak dirinya menerima SMS gelap tersebut Selasa, 20 Desember 2016 telah mengakibatkan perasaannya tidak tenang. Untuk memastikan hal itu, akhirnya dia memutuskan menjumpai langsung Kadis Pendidikan di Tapaktuan.  
 
“Saya sengaja tidak menghubungi nomor HP yang disebutkan dalam SMS gelap itu, sebab saya ingin menjumpai langsung Pak Kadis memastikan apakah benar SMS itu dikirim oleh sekretaris dinas atau bukan, ternyata setelah saya klarifikasi langsung SMS itu adalah penipuan,” ungkapnya.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *